alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gempa Bumi 5,5 SR di Mamasa, Listrik Padam, Warga Berhamburan

Asrianto Suardi
Gempa Bumi 5,5 SR di Mamasa, Listrik Padam, Warga Berhamburan
BERKUMPUL DI JALANAN. Gempa bumi kembali melanda wilayah kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa (6/11/2018) dini hari sekitar pukul 02:30 Wita. Sejumlah warga panik. Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMASA - Gempa bumi kembali melanda wilayah kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa (6/11/2018) dini hari sekitar pukul 02:30 Wita. Sejumlah warga Mamasa panik dan berhamburan keluar rumah.

Warga yang menyelamatkan diri kemudian berkumpul di lapangan dan jalanan.

"Iya terasa sekali, kuat sekali goyangannya," tutur Frendy, saat dikonfirmasi, sesaat usai gempa.



Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) merilis, gempa bumi dengan magnitude 5,5 SR tersebut berlokasi pada 2.93 LS 119.44 BT (12 km Tenggara MAMASA-SULBAR), kedalaman 10 Km.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamasa, Daud Sattu mengatakan, sejauh ini belum ada laporan akibat dampak gempa tersebut.

Akibat gempa, jaringan listrik di Mamasa sempat padam keseluruhan. Warga hanya menggunakan alat penerangan seadanya berupa senter dan lampu kendaraan.

"Sempat padam, namun sudah menyala kembali," jelasnya, saat di konfirmasi.

Suasana di Mamasa pasca gempa, ratusan warga masih takut untuk masuk kedalam rumahnya. Mereka lebih memilih di luar rumah. Bahkan, ratusan warga berkumpul di dan mendirikan tenda darurat di lapangan sepak bola Mamasa.

Untuk mengantisipasi kepanikan, pihak BPBD Mamasa mengimbau kepada warga agar tetap waspada dan selalu berhati-hati, mengantisipasi jika terjadi gempa susulan.

"Kami juga mengimbau agar tidak percaya dengan berita hoaks yang justru membuat resah warga," pesannya.

Sejak hari Sabtu, (03/11/2018) pekan lalu, gempa bumi terus melanda wilayah Mamasa. Dalam sepekan terakhir, warga merasakan sudah lebih dari 7 kali gempa susulan dengan skala yang lebih kecil.

Selain wilayah Mamasa, gempa juga dirasakan oleh warga di kabupaten Polewali Mandar. Mereka merasakan gempa selama kurang lebih 20 detik ini.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif