alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hari Ini, Pedagang Pasar Sentral Gugat PT MTIR ke Pengadilan

Vivi Riski Indriani
Hari Ini, Pedagang Pasar Sentral Gugat PT MTIR ke Pengadilan
AKSI PEDAGANG PASAR. PEdagang pasar sentral Makassar melakukan aksi menolak relokasi, beberapa waktu lalu. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Tim Kuasa Hukum Aliansi Pedagang Makassar Mall (ALPMM) hari ini resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Melalui kuasa hukumnya. Para pedagang itu akan menggugat PT MTIR dan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu anggota Tim Kuasa Hukum ALPMM, Gunawan Syafruddin saat dikonfirmasi, kemarin. Meski begitu, pihaknya belum mau membeberkan terkait dengan materi gugatan yang bakal di layangkan nantinya.

"Ia (menggugat), nanti besok (hari ini) pak Erwin Kallo yang jelaskan (materi gugatan), karena beliau yang akan langsung sampaikan saat konfrensi pers," kata Gunawan, Senin (5/11/2018).



Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto angkat bicara terkait gugatan tersebut. Menurutnya, pedagang melalui kuasa hukumnya tidak memiliki dasar mengajukan gugatan ke pengadilan.

"Gugat saja, haknya orang tapi apa dasar gugatannya dan apa hak dia (ALPMM) menggugat. Bukan barangnya, apalagi yang tidak terdaftar (pedagang tumbuh) lebih tidak masuk dalam persoalan ini," tegasnya.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan koordinasi dengan para pedagang resmi. Hanya saja, dirinya ingin persoalan harus diselesaikan secara rasional sebab banyak oknum yang tidak mempunyai hak dalam persoalan itu.

"Kita tidak ingin melawan, kita tetap komunikasi karena mereka juga rakyat kita cuman kadang-kadang orang melarang padahal tidak punya hak," ucapnya.

Sebelumnya, Tim Kuasa Hukum ALPMM telah mengajuka somasi kepada PT MTIR. Pihaknya meminta PT MTIR selaku pengembang agar segera menetapkan harga lapak di New Makassar Mall (NMM).

Apalagi, penetapan harga sepihak oleh PT MTIR merupakan perbuatan melawan hukum yang sangat tidak objektif dan rasional. Pasalnya, pihak MTIR memberikan harga lapak kepada para pedagang diluar SK yang telah dikeluarkan PD Pasar, yaitu mencapai ratusan juta rupiah per meter.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads