Intelijen Sebut Iran Berencana Bunuh Dubes AS untuk Afrika Selatan

Senin, 14 September 2020 - 13:44 WIB
loading...
Intelijen Sebut Iran Berencana Bunuh Dubes AS untuk Afrika Selatan
Intelijen AS membeberkan laporan terkait rencana Iran yang hendak membunuh Dubes AS untuk Afrika Selatan sebagai pembalasan atas kematian Mayor Jenderal Qassem Soleimani. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Intelijen Amerika Serikat (AS) membeberkan laporan baru, yang menyebut Iran merencanakan pembunuhan terhadap Duta Besar (dubes) Amerika untuk Afrika Selatan (Afsel) sebagai pembalasan atas kematian Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Soleimani adalah kepala Pasukan Quds, pasukan elite Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) , yang dibunuh Amerika dengan serangan drone bersenjata rudal di dekat bandara Baghdad, Irak, Januari lalu. Pembunuhan jenderal yang sangat disegani di Iran itu hampir memicu perang besar antara Teheran dan Washington.



Laporan intelijen itu diungkap oleh Politicohari Minggu (13/9/2020), mengutip para pejabat Amerika yang melihat laporan tersebut.

Jika Iran benar-benar berusaha untuk melakukan pembunuhan tersebut, itu akan sangat meningkatkan ketegangan antara Washington dan Teheran, yang secara bersamaan akan memberikan dorongan kepada pemerintahan Donald Trump untuk membalas.

Pejabat AS telah mengetahui ancaman terhadap Duta Besar untuk Afrika Selatan, Lana Marks, sejak musim semi. Namun, data intelijen menunjukkan ancaman tersebut menjadi lebih spesifik dalam beberapa pekan terakhir.

Marks hanyalah salah satu dari beberapa pejabat AS yang menurut badan intelijen Amerika sedang dipertimbangkan Teheran untuk jadi target balas dendam atas pembunuhan Soleimani.

Soleimani telah dianggap Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo sebagai orang yang sama berbahayanya dengan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Pada bulan Oktober, Baghdadi bunuh diri dalam serangan AS di sebuah kompleks di barat laut Suriah, tujuh bulan setelah apa yang disebut sebagai "kekhalifahan" ISIS runtuh ketika kelompok teroris itu kehilangan petak wilayah terakhirnya di Suriah pada bulan Maret.

Pada April 2019, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan bahwa Iran bertanggung jawab atas pembunuhan 608 tentara AS selama Perang Irak. Soleimani adalah kepala pasukan Iran yang melakukan operasi yang membunuh pasukan Amerika. Menurut Departemen Luar Negeri, 17 persen dari semua kematian personel AS di Irak dari 2003 hingga 2011 diatur oleh Soleimani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)