alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dishub Makassar Masifkan Sanksi Gembok Ban Mobil Sasar Pertokoan

Vivi Riski Indriani
Dishub Makassar Masifkan Sanksi Gembok Ban Mobil Sasar Pertokoan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Makassar mulai memasifkan sanksi gembok ban bagi kendaraan roda empat yang memarkir menggunakan badan jalan. Sasarannya di pusat perbelanjaan yang ada di Kota Makassar.

Humas Dishub Makassar, Azis Sila mengatakan, pihaknya berupaya melakukan operasi setiap hari. Mengingat kondisi arus lalu lintas yang kian semraut diakibatkan maraknya kendaraan terparkir disembarang tempat.

Upaya penertiban itu, kata dia, akan menyasar seluruh titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan. Seperti di Jalan Landak Lama (toko satu sama), Jalan Ratulangi (toko agung). Termasuk di Jalan Jenderal Sudirman (depan lapangan hasanuddin).



"Penindakan ini kita fokus ke wilayah yang rawan titik macet dan kita juga mengimbau jukir supaya memarkir kendaraan di tempat parkir yang tidak menghalangi pengguna jalan," katanya kepada SINDOnews, Selasa (06/11/2018).

Untuk mendukung upaya tersebut, Dishub Makassar menggandeng Satlantas Polrestabes Makassar. Sebagai pihak yang nantinya akan melakukan tindakan penilangan.

Di sisi lain, pihaknya juga meminta dukungan PD Parkir Makassar Raya agar mengimbau seluruh juru parkir (jukir) agar tidak sembarang dalam menggunakan lahan parkir, misalnya di badan jalan dan trotoar.

"Mobil yang digembok langsung kita tilang. Kalau sudah selesai baru kita lepas gemboknya," ucapnya.

Untuk diketahui, penertiban yang dilakukan Dishub Makassar, Selasa (06/11/2018) berhasil menggembok lima ban mobil.

"Tadi itu kita gembok lima kendaraan. Ada dua titik di jalan AP Pettarani yakni depan Telkom dan Orbit dan satu titik di Jalan Hertasning tepatnya di depan Kantor Dinas Pendidikan Makassar," tambah Azis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said, mengatakan penggembokan dilakukan sesuai Peraturan Wali Kota (Perwali) 64 tahun 2011 tentang Penetapan Kawasan Bebas Parkir di Makassar. Seperti, Jalan Sam Ratulangi, Jalan AP Pettarani, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Jendral Sudirman.

"Kita himbau kepada masyarakat agar tetap menaati rambu lalu lintas, agar tidak parkir di tpi jalan di kawasan bebas parkir ini. Sekarang kita tidak lagi menegur tapi akan langsung melakukan penindakan jika melanggar," jelasnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook