Penjabat Baru Sekkab Gowa Belum Ada, Gaji 13 ASN Terhambat

Senin, 14 September 2020 - 14:38 WIB
loading...
Penjabat Baru Sekkab Gowa Belum Ada, Gaji 13 ASN Terhambat
Pembayaran Gaji 13 ASN Pemkab Giwa terhambat karena belum ada penetapan Penjabat baru Sekkab Gowa. Foto: Ilustrasi
A A A
GOWA - Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa , nampaknya harus bersabar untuk menikmati gaji ke 13 mereka, karena proses pencairannya terhambat belum adanya penjabat Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa yang baru.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Gowa sudah mengusulkan nama untuk mengisi jabatan tersebut di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), karena Sekkab Gowa sebelumnya Muclis ditarik bertugas di Kementerian RI.



"Belum cairnya gaji 13 bukan karena Pemkab Gowa tidak mempunyai dana untuk pembayaran gaji, namun karena adanya proses yang harus dilalui yakni persetujuan pelantikan Penjabat Sekkab Gowa," jelas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Senin (14/9/2020).

Dia menjelaskan, proses administrasi sudah dijalankan sejak bulan Agustus lalu. Pemkab Gowa telah mengirimkan surat usulan pemberhentian pejabat Sekda lama Muclis yang saat ini bertugas di Kementerian RI dan surat usulan pengangkatan Penjabat Sekda Gowa baru .

Kedua surat ini telah dikirimkan ke Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kementerian Dalam Negeri.

"Pemprov telah menidaklanjuti surat kita dan saat ini surat masih berproses di Kementerian Dalam Negeri. Saya meminta Kepala BKPSM untuk memantau agar prosesnya bisa selesai," tambahnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Gowa , Abdul Karim Dania turut menjelaskan terkait aturan pencairan gaji 13 ASN Pemkab Gowa.

"Anggaran sudah siap sejak Agustus, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian gaji 13, Pasal 17 ayat 2 ditetapkan oleh peraturan kepala daerah," paparnya.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Usaha Tanaman Hias di Gowa Raup Untung Rp500 Ribu Sehari

Di Perbup ini lanjutnya, ada lembaran negara yang membutuhkan tanda tangan dari Penjabat Sekretaris Daerah.

Pemkab Gowa sendiri telah menyiapkan anggaran untuk membayar gaji 13 sebesar Rp32.675.913.550 miliar untuk 7.079 ASN Pemkab Gowa.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)