alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Otak Kamu Mulai Lemot? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini

Sri S Syam
Otak Kamu Mulai Lemot? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Otak sangatlah berperan penting bagi tubuh karena otak adalah perintah dari segala organ tubuh yang kita gerakkan itu bisa dibuktikan, ketika organ otak terjadi permasalahan sedikit saja seperti telat mikir atau biasa disebut telmi kita harus tahu yang menyebabkan otak menjadi lemot saat berfikir, maka semua organ serta system syaraf juga turut terganggu hingga dapat menurunkan keoptimalan kesehatan badan anda.

Karena Fungsi Otak juga terikat dengan kecerdasan seseorang dalam berfikir. Dari beberapa aspek yang dapat menurunkan kecerdasan itu sendiri. Lalu, apa saja pemicu terjadi apabila kemampuan otak semakin tumpul?, dilansir dari berbagai sumber berikut uraiannya.

1. Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Konsumsi gula yang berlebihan mampu menurunkan kinerja otak kamu. Hal tersebut dikarenakan terganggunya penyerapan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh serta otak, sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta otak jadi tidak tercukupi. Tidak jarang, otak menjadi kurang rileks apabila terlalu banyak mengkonsumsi gula.

2. Kurang Tidur
Setelah seharian beraktivitas, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup. Tak terkecuali otak yang juga membutuhkan istirahat. Kurangnya istirahat, khususnya tidur dapat membuat suplai oksigen ke otak menjadi terganggu sehingga otak akan kesulitan dalam berkonsentrasi. Tidak jarang, efek seperti mabuk dan pusing akan kamu dapatkan ketika tidak tidur semalam suntuk.

3. Jarang Melatih Otak
Terkadang, otak juga mengalami penurunan kinerja apabila otak jarang dilatih. Otak yang keseringan santai jadi sulit untuk berfikir keras. Maunya santai melulu, jadi tidak bisa bekerja keras. Untuk menghindarinya, kamu bisa iseng mengisi teka-teki silang atau mungkin game-game dengan genre puzzle sehingga otak jadi terbiasa bekerja.

4. Terlalu Bergantung dengan Kecanggihan Teknologi
Siapa disini yang suka diingatkan dengan gadget? Mendingan kamu mencoba mengingat-ingat kebiasaan kamu sendiri. Terlalu bergantung dengan gadget dapat menimbulkan kelemahan daya pikir otak dimana otak akan terbiasa untuk malas-malasan. Biasakan untuk mengingat-ingat jadwal kamu sehari-hari tanpa bantuan gadget.

5. Jarang Olahraga
Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah tersebut seakan menunjukkan penyebab yang satu ini. Bila tubuh kita jarang berolahraga, tubuh akan merasa kurang bugar dan kurang sehat. Hal tersebut akan berimbas pada kinerja otak dimana suplai oksigen ke otak juga akan berkurang.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads