alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemimpin Houthi Tolak Menyerah Usai Kalah di Pelabuhan Hodeidah

Agus Nyomba
Pemimpin Houthi Tolak Menyerah Usai Kalah di Pelabuhan Hodeidah
Kondisi pelabuhan Hodeidah di Yaman. Foto: Istimewa

SANA"A - Pemimpin Houthi di Yaman, menolak untuk menyerah meski mereka kalah perang dari pasukan pro-pemerintah yang didukung Saudi, sebagai pertempuran sengit untuk menguasai kota pelabuhan Hodeidah.

"Apakah musuh berpikir bahwa menembus daerah ini atau itu, atau merebut daerah ini atau itu, berarti kita akan yakin bahwa kita harus menyerah dan menyerahkan kendali?" Kepala Pemberontak Houthi Yaman Abdel-Malik al-Houthi pada Rabu di sebuah pidato yang disiarkan televisi.

"Ini tidak terjadi dan tidak akan pernah terjadi," katanya, menurut kantor berita AFP seperti yang dikutip di Al Jazeera, Kamis, (08/11/2018).

Hodeidah adalah pelabuhan strategis untuk bantuan kemanusiaan dan merupakan titik masuk bagi lebih dari 70 persen impor ke Yaman, negara termiskin di dunia Arab.

Hampir 200 pejuang telah tewas dalam pertempuran sengit di pinggiran Hodeidah yang dikuasai pemberontak sejak pekan lalu, termasuk setidaknya 27 pemberontak Houthi dan 12 pejuang pro-pemerintah dalam 24 jam terakhir.

Para pemberontak Houthi tampaknya mengakui bahwa mereka telah kehilangan landasan dalam pertempuran untuk Hodeidah, dan menuduh pasukan pro-pemerintah memprovokasi eskalasi kekerasan.

"Musuh mendapat manfaat dari jumlahnya, yang semakin meningkat untuk menekan kota Hodeidah," kata kepala pemberontak Houthi.

Pernyataannya datang tak lama setelah pasukan yang didukung Saudi mengatakan, mereka telah menggempur posisi pemberontak dengan serangan udara dan serangan darat, dan sekarang mengendalikan jalan utama menuju kota pelabuhan.

Para pejabat militer Yaman dan saksi di kedua sisi garis depan Hodeidah pada hari Rabu mengatakan, aliansi itu mengamankan sebuah daerah perkotaan di sepanjang 50th Street, yang mengarah ke pelabuhan Laut Merah sekitar 5km jauhnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads