alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Catat! Hal Ini Bisa Membuat Anda Pelupa Bahkan Hilang Ingatan

Agus Nyomba
Catat! Hal Ini Bisa Membuat Anda Pelupa Bahkan Hilang Ingatan
Foto: Istimewa

MAKASSAR - Beberapa orang menjadi lupa tentang kenangan atau hal-hal tertentu. Ini sangat normal dan terjadi sesekali atau sering dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, banyak orang khawatir tentang menjadi pelupa dan mereka berpikir bahwa itu adalah tanda pertama penyakit Alzheimer.

Yah, tidak semua masalah kehilangan memori menunjukkan penyakit Alzheimer dan inilah alasannya.

Banyak orang mengalami penyimpangan memori dan beberapa masalah memori serius dan beberapa tidak. Namun, orang-orang yang mengalami perubahan serius dalam ingatan, perilaku, dan kepribadian mereka mungkin menderita penyakit yang dikenal sebagai demensia. Ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-harinya dan penyakit Alzheimer adalah salah satu dari banyak jenis demensia.

Meskipun penyakit Alzheimer dan demensia bertanggung jawab atas banyak masalah kehilangan ingatan. Namun ada faktor lain juga, yang dapat menyebabkan anda jadi pelupa bahkan hilang ingatan.

1. Sikap Emosional

Beberapa sikap Emosional, bisa membuat anda menjadi pelupa bahkan bisa mengakibatkan hilang ingatanseperti stres, depresi, kecemasan dan kesedihan dapat berdampak pada otak Anda. Ini bisa menghalangi penyimpanan atau mengingat detail dan jadwal.

2. Kondisi Fisik Dan Medis

Kondisi fisik dan medis seperti kelelahan dan kurang tidur, rendah vitamin B12, cedera kepala, gangguan ginjal, dll, juga menyebabkan kehilangan ingatan dan kelupaan.

3. Prosedur Medis Dan Obat-obatan

Penelitian telah menunjukkan bahwa, ada peningkatan risiko kebingungan dan gangguan memori yang mengarah pada penurunan fungsi kognitif. Ini perlahan menghilang saat pasien pulih. Meskipun alasan sebenarnya tidak diketahui, beberapa penelitian mengatakan bahwa kehilangan memori ini bisa disebabkan oleh pembentukan gumpalan atau trauma selama operasi.

4. Penyebab Kognitif

Pertama, ketidakmampuan alami untuk menghafal Ada banyak orang yang tidak memiliki ingatan yang sangat hebat. Sebagai contoh, seseorang kadang-kadang perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar dan mengingat materi pelajaran secara efektif sementara orang lain dapat menguasai materi belajar dalam waktu 20 menit dan dapat dengan cepat mengingatnya.

Kedua, gangguan pikiran Jika Anda seorang multi-tasker, memikirkan banyak hal pada saat yang bersamaan dapat menurunkan efisiensi otak. Karena otak Anda memiliki batas pada apa yang dapat diproses dan diingat.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads