alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Libatkan Mahasiswa UNM Sosialisasikan Hak Pilih

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Libatkan Mahasiswa UNM Sosialisasikan Hak Pilih
Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas saat memberikan penjelasan mengenai sistem kepemiluan di hadapan mahasiswa UNM, Makassar, Kamis (08/11/2018). Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel bekerjasama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) menyosialisasikan pentingnya penggunaan hak pilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Apalagi saat ini partisipasi pemilih tercatat sudah mencapai 75 persen. Sehingga, KPU terus berupaya mewujudkan target tersebut dengan melibatkan seluruh element masyarakat, termasuk mahasiswa.

"Mereka (mahasiswa) akan menjadi corong KPU dalam mengajak masyarakat untuk ramai-ramai datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari H (17 April 2019). Mereka akan memberikan penyadaran politik pada masyarakat," kata Komisioner Divisi Data Informasi dan Hupmas KPU Sulsel, Uslimin, Kamis (08/11/2018).

Keterlibatan mahasiswa UNM kata dia, tidak hanya yang aktif di bangku perkuliahan, tetapi juga mereka yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tentunya, KPU Sulsel akan memberikan pembekalan terhadap para mahasiswa.

"Nanti akan ditindak lanjuti dengan KKN Pemilu. Tadi juga PR 4 (pembantu rektor) juga mengatakan, selain KKN tematik, juga akan diturunkan relawan ke sejumlah tempat," sambung Uslimin.

Dia pun berharap agar upaya ini tidak hanya dikerjasamakan dengan UNM, tetapi melibatkan sejumlah kampus lainnya.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain menilai langkah KPU Sulsel sudah sangat tepat dengan melibatkan mahasiswa sebagai perpanjangan tangan.

Menurutnya, mahasiswa adalah pemilih yang belum tersentuh oleh kepentingan politik.

"Mahasiswa adalah kelompok intelektual yang belum dimasuki paham-paham politik praktis sehingga memudahkan dan diyakini oleh KPU untuk melakukan sosialisasi, demi peningkatan angka parsitipasi pemilih," sebutnya.

Dia menambahkan, atas kerjasama tersebut, pihaknya akan mengubah pola KKN. Penempatan seluruh mahasiswa KKN dipusatkan di Sulsel.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads