TOPIK TERPOPULER

Dinas PMD Sulsel Tingkatkan Potensi BUMdes Melalui Rest Area

Syachrul Arsyad
Dinas PMD Sulsel Tingkatkan Potensi BUMdes Melalui Rest Area
Desain rest area yang akan dibangun di Kabupaten Sidrap. Foto: Pemprov Sulsel

MAKASSAR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel berupaya memperbaiki perekonomian desa melalui pemanfaatan badan usaha milik desa (BUMdes).

Kepala Dinas PMD Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo optimistis, potensi BUMdes bisa dimaksimalkan. Menyusul rencana pembangunan rest area Pemprov Sulsel yang secara bertahap akan mulai dibangun di tiga titik, masing-masing di Kabupaten Jeneponto, Sidrap, dan Barru.

Baca juga: Mulai Dibangun, Anggaran Rest Area Datae Sidrap Capai Angka Rp10 Miliar



"Tahun ini pak gubernur membangun tiga rest area. Tapi baru dua yang dimulai, di Jeneponto, dan Sidrap, sementara di Barru menyusul. Rest area ini mengambil konsep Michi no Eki dari Jepang. Pengelolaannya itu juga memanfaatkan BUMdes nanti," ucap Ashari kepada SINDOnews di kantornya, Selasa (15/9/2020).

Di rest area itu nantinya, digadang-gadang akan menjadi pusat ekonomi baru di Sulsel. Pihaknya mendorong kemunculan usaha-usaha baru lewat pengelolaan BUMdes untuk mengisi rest area itu ke depan.

Untuk mendukung itu, dalam waktu dekat pihaknya akan memulai melakukan penguatan-penguatan BUMdes. Bimtek akan dilakukan dengan fokus di tiga kabupaten yang menjadi lokasi pembangunan rest area.

"Tahun 2020 ini kita fokus tiga kabupaten dulu, yakni Jeneponto, Sidrap, dan Barru. Karena ini titik tumbuh ekonomi baru melalui rest area dan sesuai kesepakatan bersama dengan beberapa stakeholder untuk melakukan penguatan BUMdes," tambah dia.

Baca juga: Mulai Dibangun, Rest Area di Sidrap Diharap Tingkatkan PAD

Di samping melakukan penguatan BUMdes, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sulsel turut melakukan penguatan kepada aparat pemerintah desa. Menurutnya, ini sangat dibutuhkan untuk menunjang peningkatan kompetensi aparat pemerintah desa.

"Ini semua sebagai upaya kita mendekatkan pelayanan ke masyarakat desa. Jadi hilirnya itu semua, supaya nanti target tahun 2023 mendatang terwujud visi-misi bapak gubernur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. dengan gencar menumbuhkan ekonomi di desa," pungkas Ashari.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!