TOPIK TERPOPULER

Gandeng E-Warung, Distribusi LPG 3 kg di Polman Diharap Tepat Sasaran

Suwarny Dammar
Gandeng E-Warung, Distribusi LPG 3 kg di Polman Diharap Tepat Sasaran
Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII melalui Sales Area Sultengbar menggandeng E-Warung untuk penyaluran LPG 3 kilogram. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII melalui Sales Area Sultengbar, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) untuk menyalurkan LPG 3 Kg melalui E-Warung agar bisa tepat sasaran di kalawan masyarakat.

Diketahui E-Warung adalah program Kementerian Sosial di bawah binaan Dinas Sosial Kabupaten yang bertugas menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Miskin (Keluarga Penerima Manfaat), yang memiliki kartu identitas Keluarga Keluarga Sejahtera.

Baca Juga: Cara Pertamina Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi



Secara umum, terdapat 1 E-Warung di setiap desa/kelurahan. Masing-masing E-Warung memiliki daftar Keluarga Penerima Manfaat yg berhak menerima BPNT. Penerima BPNT otomatis adalah Keluarga Pra Sejahtera / Keluarga Miskin yang berhak mendapatkan LPG 3Kg bersubsidi.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, bahwa sejak bulan Agustus sampai saat ini, Pertamina dan Pemerintah Polewali Mandar sedang melakukan uji coba penyaluran LPG 3 Kg melalui E-warung.

"Dan kami memulainya dengan menargetkan ke keluarga sangat miskin dan keluarga miskin terlebih dahulu. Lalu setelah selesai semua dilanjutkan ke keluarga hampir miskin dan keluarga rentan miskin," katanya.

“Per hari ini kami telah melakukan uji coba di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Polewali Kota untuk 3.251 keluarga miskin dan Kecamatan Wonomulyo 2.987 Keluarga Miskin. Sampai akhir September, kami menargetkan ada 3 tambahan kecamatan lagi, yaitu di Kecamatan Matakali, Mapili, dan Campalagian,” ungkap Laode.

Sambil berjalan, lanjutnya, Pertamina terus melakukan evaluasi untuk menemukan skema dan sistem dalam sosialiasi ke KPM, pendistribusian serta monitoringnya. Evaluasi terus dilakukan untuk atas kendala-kendala yang terjadi di lapangan dan langsung take action menentukan solusi agar kedepannya proses penerapan di kecamatan lain dapat lebih cepat dan mudah dilakukan.

Baca Juga: Pakai BBM Berkualitas Pertamina Mesin Kendaraan Awet Tenaga Jadi Galak

"Harapannya sampai akhir tahun 2020 sudah bisa diterapkan di seluruh kecamatan di Polewali Mandar," katanya.

Selain itu dirinya mengaku setelah berjalan di semua kecamatan dan semua kategori keluarga miskin, seluruh keluarga miskin dapat terjamin LPG 3 Kg nya. Lalu dilanjutkan penyaluran/penyediaan untuk usaha mikro.
“Apabila masih ada yang menyerukan LPG 3 Kg langka, maka dapat dipastikan mereka adalah konsumen yang sebenernya tidak berhak menggunakan LPG 3 Kg,” pungkas Laode.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!