alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Pertanahan Pastikan Lahan Pasar Sentral Milik Pemkot

Vivi Riski Indriani
Dinas Pertanahan Pastikan Lahan Pasar Sentral Milik Pemkot
Alat berat mengangku material reruntuhan bangunan Pasar Sentral Lama. Foto: Muctamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Tudingan Kuasa Hukum Aliansi Pedagang Makassar Mall (ALPMM), Erwin Kallo yang mengklaim lahan Pasar Sentral merupakan milik pedagang lantaran mengantongi sertifikat, dibantah Kepala Dinas Pertanahan Kota Makassar, Manai Sophian.

Kata dia, status lahan Pasar Sentral yang saat ini tengah dipersoalkan pihak pedagang adalah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Rinciannya, luas lahan tersebut kurang lebih 2 hektar, dengan batasan antara Jalan KH Agus Salim- KH Ramli-Wahid Hasyim- Hos Cokroaminoto.

"Sertifikatnya ada, tidak mungkin kita mau ngomong kalau tidak ada sertifikatnya," tegasnya.



Dia juga menantang kuasa hukum pedagang agar membuktikan pernyataannya di pengadilan. "Siapa yang bilang itu bukan tanah pemerintah kota. Dia (Erwin Kallo) ngomong begitu silahkan saja, tapi mari kita buktikan di pengadilan," sebutnya.

Diakui Manai, bahwa sebelum insiden kebakaran itu terjadi beberapa tahun lalu, para pedagang memang memiliki sertifikat hak guna bangunan (HGB), hanya saja dengan batas waktu tertentu. Namun, setelah bangunan itu hangus terbakar maka sertifikat itu secara otomatis sudah tidak lagi berlaku atau berakhir, jika tidak diperpanjang.

"HGB itu diatas HPL, jadi tanahnya pemerintah kota. HGB itu punya batas waktu sampai 25 tahun, itupun hak guna bangunannya saja, tanahnya tidak bisa karena punya kita (pemkot). Sekarang bangunannya kan sudah tidak ada lagi, ruko apa yang mau disertifikatkan? Kan tidak mungkin," bebernya.

"Kalau dulu bangunannya memang dia (pedagang) punya tapi dalam batas waktu tertentu. Setelah berakhir lalu tidak diperpanjang hilang haknya dong," tambahnya.

Sebelumnya, ALPMM melalui kuasa hukumnya, Erwin Kallo menilai bahwa pemerintah kota keliru lantaran menyebutkan bahwa lahan Pasar Sentral adalah miliknya. Makanya itu, dia berjanji akan membuktikan bawah lahan tersebut murni milik pedagang.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook