Bupati Enrekang Dukung Program Transmigrasi di Desa Matajang

Rabu, 16 September 2020 - 18:06 WIB
loading...
Bupati Enrekang Dukung Program Transmigrasi di Desa Matajang
Bupati Enrekang, Muslimin Bando di sela-sela seminar rencana teknis satuan pengembangan (RTSP) dan rencana teknis jalan (RTJ) Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Enrekang di Maiwa. Foto: SINDOnews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Bupati Kabupaten Enrekang, Muslimin Bando mendukung pelaksanaan program transmigrasi di Desa Matajang, Kecamatan Maiwa. Dia meyakini program transmigrasi ini bisa berdampak positif bagi masyarakat Enrekang.

Hal itu disampaikan bupati pada acara seminar antara rencana teknis satuan pengembangan (RTSP) dan rencana teknis jalan (RTJ) yang dilaksanakan Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang di Maiwa.



"Ini merupakan tahapan kerja sama Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, terkait penyempurnaan untuk kegiatan transmigrasi di Desa Matajang," ujar Muslimin Bando, Rabu (16/9/2020).

Bupati meminta semua stekholder harus berperan sesuai tugas dan fungsi dalam menyukseskan program transmigrasi ini. Salah satunya dengan mengarahkan petani agar lebih maju dan tidak terkurung dengan metode bertani tradisional.

Muslimin ingin secara bertahap terwujud masyarakat agropolitan. Utamanya di Desa Matajang dan desa-desa lain yang akan terkena dampak positif dari program transmigrasi ini.



Kadis Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Enrekang, Sadikin mengatakan, Dusun Baraka Desa Matajang menjadi prioritas karena akan menjadi jalur utama penghubung Kecamatan Bungin, Maiwa dan Kecamatan Enrekang.

"Setelah seminar ini, dalam waktu dekat akan dilanjutkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Nakertrans, sehingga action-nya sudah dapat dimulai awal tahun 2021 mendatang." Harap Sadikin.

Para peserta program transmigrasi akan mendapatkan pilihan paket. Di antaranya paket jaminan hidup selama satu tahun penuh, suplai sembako, pendidikan beasiswa sampai perguruan tinggi, dan berobat hingga keluar negeri.



Paket dua yakni paket jaminan pertanian, dan paket tiga lahan perkebunan untuk tanaman jangka panjang dan pembagian ternak. Paket bantuan tersebut ditanggung oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Ini salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

Seminar ini juga diikuti para Kepala OPD, Camat Maiwa, Kepala Desa Matajang dan perangkatnya serta tokoh masyarakat yang menjadi lokus kegiatan transmigrasi. Acara dilanjutkan penandatanganan MoU antara pemerintah Kabupaten Enrekang dan masyarakat tentang program transmigrasi Dusun Baraka, Desa Matajang sekaligus penyerahan lahan untuk program transmigrasi ini.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)