alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kades Cemba Beri Ruang Kreativitas Pemuda Lewat Bumdes

Aris Bafauzi
Kades Cemba Beri Ruang Kreativitas Pemuda Lewat Bumdes
Pemuda di Enrekang mengolah barang-barang bekas menjadi kerajinan tangan melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Foto: Aris bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Beragam cara dilakukan Kepala Desa (Kades) dalam meningkatkan pendapatan asli desanya, termasuk memberdayakan sumber daya manusia melalui Badan usaha milik desa (Bumdes).

Termasuk seperti yang dilakukan Jumadi Maulana selaku Kades Cemba Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Dirinya mendirikan Bumdes berupa usaha pembuatan barang-barang keterampilan, yang diberi nama Sullung Creatif.

"Usaha ini dijalankan anak-anak muda di desa ini, kita sebagai pemerintah desa memantau dan melengkapi apa yang mereka butuhkan demi melancarkan usaha pembuatan keterampilan dari barang-barang bekas atau daur ulang yang dibuat menjadi barang berkelas atau memiliki nilai jual," ujar Jumadi.



Tak hanya itu, Jumadi juga mendatangkan tenaga pengajar, yang ahli keterampilan yang bisa mentransfer ilmu mereka kepada anak-anak muda di desa agar nanti bisa mandiri lewat usaha dari Bumdes tersebut.

Rian Robiandi selalu tenaga pelatih, dan juga pemasaran mengaku berharap anak desa Cemba mulai menciptakan kreasi dalam mengolah barang bekas.

"Mari bantu adik-adik kita, dalam mengahargai karya mereka tentunya membeli hasil karya tangannya. Ada banyak hasil keterampilan yang telah mereka buat, dari harga dua ribu rupiah hingga satu juta rupiah," ujar Rian yang menerima jasa pelatihan pembuatan karya tangan seperti Batok kelapa dan kayu jati.

Naim Arkananta, pemerhati kreativitas pemuda Massenrempulu. Mengaku takjub dengan inovasi yang dijalankan kades Cemba. Menurutnya desa akan maju jika memanfaatkan tenaga muda untuk ikut terlibat dalam kemajuan desa utamanya dari segi membetuk Sumber
Manusia.

"Kita kerap melakukan pelatihan keterampilan, dibeberapa daerah. Dan itu dilakukan masih sebatas usaha pribadi yang tentunya terkendala pemasaran dan modal. Tapi ini yang bergerak langsung Kadesnya, Kades muda tentunya paham yang terbaik untuk desanya. Kita sangat mengapresiasi yang dilakukan olehnya," ujar Naim.

Naim berharap hal baik ini, bisa dicontohi Kades kades lainnya. Dimana sebagian besar daerah di Kabupaten Enrekang, ruang anak muda dalam menjalankan kreativitasnya masih sangat terbatas.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook