alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinas Sosial Dinilai Gagal Tertibkan Pak Ogah di Makassar

Vivi Riski Indriani
Dinas Sosial Dinilai Gagal Tertibkan Pak Ogah di Makassar
Istimewa/Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menilai Dinas Sosial (Dinsos) gagal menertibkan keberadaan Pak Ogah (pengatur lalu lintas dadakan) di sejumlah bukaan jalan-jalan protokol di Makassar.

Menurut Danny Pomanto sapaan akrabnya, keberadaan Pak Ogah yang kerap meresahkan pengguna jalan merupakan tanggungjawab Dinsos. Aktivitas mereka dianggap tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan anak jalanan (anjal) pada umumnya di jalanan.

"Tidak ada (Dishub atau kepolisian), Dinas Sosial itu punya tanggung jawab. Pak ogah itu sama dengan anak jalanan namanya," pungkas pemimpin berlatar belakang konsultan tata ruang ini, Rabu (14/11/2018).



Untuk itu dia meminta kepada Dinsos untuk lebih maksimal bekerja. Sebab Pak Ogah masih kerap dijumpai, seperti di Jalan Letjend Hertasning, Veteran, Sultan Alauddin, hingga di Jalan AP Pettarani.

"Sudah saya kasih tahu (Dinsos), kalau tidak peka begitu berarti gagal. Kita akan evaluasi semua," pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Dinsos Makassar, Mukhtar Tahir menampik, jika penertiban Pak Ogah tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihaknya.

"Leding sektornya kalau saya cari-cari di tempatku tidak ada. Orang mau bilang anak jalanan, nah bukan anak jalanan. Anak jalanan itu adalah orang yang berada di tempat dan tidak punya tempat tinggal, kalau itukan (pak ogah) ada (tempat tinggal)," tampiknya.

Bahkan dia menyebut aktivitas pak ogah di jalan merupakan tanggung jawab Dinas Perhubungan (Dishub).

Hanya saja, dia mengaku tidak ingin saling lempar tanggung jawab. Pasalnya, tidak ada satu aturan pun yang menjelaskan secara rinci instasi yang bertanggung jawab untuk menertibakan pak ogah.

Meski demikian, dia berencana melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Sekretaris Kota Makassar, Dinas Perhubungan dan Satpol PP untuk membahas regulasi penertiban pak ogah di Makassar.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads