alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemerintah Diminta Aktif Pantau Pembangunan Jalan Tol Pettarani

Hasdinar Burhan
Pemerintah Diminta Aktif Pantau Pembangunan Jalan Tol Pettarani
Alat berat memasang besi plat tiang pancang Proyek Tol Layang AP Pettarani, Makassar, beberapa waktu lalu. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar diminta untuk lebih proaktif berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) terkait pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani.

Mengingat banyaknya keluhan masyarakat terkait proyek pembangunan jalan tersebut. Sebelumnya kemacetan arus lalu lintas yang dikeluhkan, kini masyarakat mengeluhkan banyaknya tumpukan pasir dan tanah yang masuk ke badan jalan. Dianggap dapat mengganggu kendaraan yang melintas.

Menurut anggota Komisi C DPRD Makassar, Irwan ST, Pemkot Makassar harus lebih proaktif membangun koordinasi dalam rangka mengurai kemacetan di ruas Jalan AP Pettarani yang juga berdampak kepada jalan alternatif lainnya, seperti Jalan Pelita Raya dan Abubakar Lambogo, dan sekitarnya.

"Kemacetan jalan sekitar pembangunan tol layang menjadi keluhan banyak orang, dan ini yang tidak bisa terhindarkan. Tetapi pemerintah provinsi khususnya di balai jalan harus segera membuat rekayasa pengaturan buangan dari kemacetan di jalan Pettarani. Harus ada kerjasama dan koordinasi baik dengan pemerintah kota," kata dia, belum lama ini.

Meski rekayasa pengaturan jalan wilayah BBPJN, Irwan berharap pemerintah kota juga tidak tinggal diam atau pasif. Harus memiliki inisiatif membantu urai kemacetan dengan menurunkan personel mengatur arus lalu lintas.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Makassar lainnya, Susuman Halim mengatakan pihak pengembang harus lebih memperhatikan material pembangunan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan terhadap pengguna jalan.

Seperti kata dia, banyaknya tumpukan pasir dan tanah yang masuk ke badan jalan.

"Penanggung jawab pembangunan proyek harus berani bertanggung jawab. Tanah dan pasir-pasir dari proyek pembangunan harus dibersihkan jangan dibiarkan gitu saja berserakan di jalan. Dan memastikan seng-seng aman dan tidak mencelakakan pengendara," ucapnya, Rabu (14/11/2018).



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads