alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Uji Kelayakan 70 Calon Komisioner KPU Digelar Desember

Luqman Zainuddin
Uji Kelayakan 70 Calon Komisioner KPU Digelar Desember
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Uji kelayakan dan kepatutan terhadap 70 Calon komisioner KPU pada 7 kabupaten/kota akan dilaksanakan oleh KPU Sulsel. Hanya saja, hingga saat ini jadwal tes masih belum ditetapkan. Diperkirakan, tes baru dilaksanakan pertengahan Desember.

"Sebelum penetapan 5 besar, maka 10 besar (tiap kabupaten/kota) dikembalikan dulu ke Provinsi, untuk dilakukan fit dan proper test oleh komisioner KPU Sulsel. Jadwal menunggu KPU RI, biasanya 1 Minggu sebelum akhir masa jabatan. Antara tanggal 16 atau 17 Desember," terang Kepala Bagian SDM KPU Sulsel, Ismail Masse.

Meski uji kelayakan dan kepatutan sepenuhnya dilaksanakan oleh KPU Sulsel, namun kata Ismail, pimpinan di pusat tetap akan memantau. Mengingat, materi juga ditentukan oleh KPU RI. Begitu pun hasil tesnya, baik nilai yang tertulis maupun visual dari video proses uji kelayakan dan kepatutan akan jadi pertimbangan KPU RI.



"Setelah fit and proper test, scooring-nya kembali dikirim ke Jakarta," sambung Ismail.

Adapun materi uji kelayakan dan kepatutan lanjut Ismail, juga tidak lepas dari kompetensi, pengalaman dan pengetahuan kepemiluan, serta organisasi. Termasuk, mengkonfrontir tanggapan masyarakat yang baru masuk ke KPU RI. Apalagi, saat ini, tanggapan masyarakat masih bisa dikirim ke KPU RI.

"Sekarang masih bisa kasih masuk tanggapan masyarakat. Terutama kata dia, sapa tau pernah jadi Caleg di daerah lain, tahun 2014. Maka kan tidak bersyarat. Apalagi kalau betul, ada bukti otentik," ungkap Ismail.

Adapun 7 kabupaten/kota itu yakni Luwu, Sidrap, Pinrang, dan Wajo di wilayah I. Sementara 3 lainnya yakni Makassar, Parepare, serta Enrekang.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads