alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peneliti China Ciptakan Matahari Buatan Tenaga Nuklir

Agus Nyomba
Peneliti China Ciptakan Matahari Buatan Tenaga Nuklir
Matahari Buatan yang diciptakan peneliti China panasnya seperti matahari asli dengan emncapai 100 derajat celsius. Foto: Istimewa

BEIJING - Peneliti China mendorong untuk menemukan sumber energi bersih utama, hingga menciptakan matahari buatan yang luar biasa yang dapat mencapai suhu 100 juta derajat Celcius.

Simulator matahari berbasis bumi telah mencapai suhu membungkuk dari 100 juta derajat Celsius, tim peneliti dari China mengumumkan hal ini pada Selasa. Sebagai perbandingan, inti matahari yang sebenarnya adalah sekitar 15 juta derajat Celcius.

Institut Fisika Plasma, berafiliasi dengan Akademi Ilmu Pengetahuan China, mengatakan, telah menguji matahari buatan yang dikenal sebagai Tokamak Superkonduktor Eksperimental (EAST).

"Alat sci-fi-sounding telah dirancang untuk mereplikasi cara di mana bintang di pusat tata surya kita menghasilkan energi kolosal," katanya dalam sebuah pengumuman yang dikutip Russian Today, Kamis, (15/11/2018).

EAST adalah mesin besar berbentuk donat di dalam kotak bundar. Terletak di Pulau Sains di Provinsi Anhui China Timur, proyek ini menggunakan fusi nuklir untuk menciptakan panas yang sangat besar; harganya 15.000 dollar per hari hanya untuk menyalakan mesin.

Tujuan dari EAST adalah untuk memahami fusi nuklir dan untuk satu hari menggunakannya sebagai sumber daya alternatif di Bumi. Ini bisa membuka jalan untuk menggunakan energi bersih.

Saat ini, energi nuklir yang diciptakan melalui fisi meninggalkan limbah beracun yang tahan lama.

Berita itu muncul segera setelah China mengumumkan rencananya untuk menggelar serangkaian bulan palsu untuk menerangi jalan-jalan perkotaan di malam hari. 'Bulan' sebenarnya adalah satelit, dan harapannya adalah mereka dapat mengganti penerangan jalan standar dan menghemat energi.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads