Ketan Mandoti Enrekang Dapat Sertifikat Indikasi Geografis dari Kemenkumham

Kamis, 17 September 2020 - 20:22 WIB
loading...
Ketan Mandoti Enrekang Dapat Sertifikat Indikasi Geografis dari Kemenkumham
Wakil Bupati Kabupaten Enrekang, Asman menerima sertifikat indikasi geografis terhadap ketan mandoti dari Kemenkumham RI. Foto: SINDOnews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Beras khas asal Kabupaten Enrekang, pulu mandoti atau beras ketan mandoti mendapat sertifikat indikasi geografis dari Kementerian Hukum dan HAM(Kemenkumham) Republik Indonesia.

Penyerahan sertifikat itu dilakukan pada kegiatan penandatanganan kerja sama bidang kekayaan intelektual, Kemenkumham Sulsel, Kamis (17/9/2020). Sertifikat diterima Wakil Bupati Enrekang, Asman.



Sertifikat itu selanjutnya akan diberikan ke Asosiasi Petani Pulu Mandoti Enrekang, dengan nomor pendaftaran IDG00000097. Sertifikat itu ditandatangani Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, Freddy Haris.

"Alhamdulillah, tentu ini yang kita nantikan selama ini, semoga membawa berkah dan kesejahteraan buat masyarakat, khususnya petani pulu mandoti di Enrekang," kata Asman.

Asman memaparkan, sertifikasi pulu mandoti Enrekang sudah lama diupayakan. Serangkaian tahapan dilakukan pemkab Enrekang bersama Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Seperti sosialisasi ke masyarakat dan koordinasi untuk melengkapi dokumen deskripsi yang dibutuhkan.

Dengan sertifikat tersebut, maka pulu Mandoti secara resmi dan paten diakui sebagai kekayaan hayati asal Enrekang. "Jadi walaupun dibawa keluar daerah atau ditanam di tempat lain, namanya akan tetap pulu mandoti Enrekang," jelas Asman.

Indikasi geografis (IG) merupakan tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang atau produk yang karena faktor lingkungan geografis, sehingga memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu. IG dimiliki oleh masyarakat penghasil produk khas wilayah, kepemilikan IG tidak dapat diperjualbelikan, dan IG berlaku selama ke-khasan produk masih terjaga, serta perlindungan IG diakui secara internasional dan tercantum dalam Trip`s Agreement dan WTO

Manfaat lainnya yakni, memperjelas identifikasi produk, menghindari praktek persaingan curang, menjamin kualitas produk, membina produsen lokal, dan tentu melestarikan warisan serta sumberdaya hayati Enrekang. Muaranya adalah pengembangan agrowisata serta peningkatan kesejahteraan para petani.

Wakil Gubernur Sulsel , Andi Sudirman Sulaiman yang hadir ikut menyampaikan ucapan selamat kepada pemkab Enrekang, atas keberhasilan mendapatkan sertifikat indikasi geografis ini.



Pulu mandoti dikenal kekhasannya sebab, hanya dapat tumbuh di Enrekang, khususnya di Desa Salukanan, Desa Kendenan dan sekitarnya. "Selamat kepada pemerintah Kabupaten Enrekang. Akhirnya beras khas dari sana mendapat sertifikat. Ini juga menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan tentunya," kata Sudirman.

Beras ketan jenis ini juga memiliki aroma yang harum dan rasa yang khas. Harganya tergolong cukup mahal, dengan banderol sekira Rp40 ribuan perliternya. Nama mandoti telah melekat sejak lama. Mandoti berarti santet, siapapun yang telah mencicipi rasa dan aromanya seakan tersantet dan ketagihan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)