alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasokan Daya PLTU Jeneponto Pulihkan 77 Persen Sistem Kelistrikan

Marhawanti Sehe
Pasokan Daya PLTU Jeneponto Pulihkan 77 Persen Sistem Kelistrikan
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - PT PLN terus berupaya memaksimalkan pasokan listrik untuk mengatasi persoalan pemadaman listrik atau blackout yang melanda hampir di seluruh wilayah di Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), dua hari belakangan ini.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar, Bambang Yusuf mengatakan, hingga saat ini pemulihan sistem kelistrikan mencapai 77 persen sejak adanya penambahan pasokan daya dari PLTU Jeneponto.

“Saat ini kita mendapat tambahan daya 100,2 MW dari PLTU Jeneponto Unit 2 dan 80 MW dari PLTU Jeneponto Unit 3. Sehingga masyarakat mendapat tambahan pasokan listrik," katanya, Jumat (16/11/2018).



Dia menjelaskan, pada pukul 19.19 WITA pasokan daya listrik telah mencapai 756,7 persen dari sebelumnya yang hanya berkisar 451 pada pukul 11.15 WITA.

"Sekali lagi kami memohon doa dari segenap masyarakat agar sistem dapat kembali 100% normal," imbuh Bambang.

Manager PT PLN Unit Induk Pembangkit dan Penyalur Sulawesi, Purnomo Iskak menyampaikan maaf atas gangguan layanan tersebut. Menurutnya, kondisi saat ini disebabkan oleh cuaca buruk yang berdampak pada Transmisi Line Makale-Palopo.

"Gangguan di Transmisi line 275 kV Poso-Latuppa dikarenakan malfunction, serta pembangkit lepas di Punagaya karena terjadi sehingga pembangkit lainnya seperti PLTA Poso dan PLTA Bakaru terjadi Under Frequency," terangnya.

"Kondisi hujan dan pembangkit kita di Jeneponto ibarat megang bambu atau beban berat oleh delapan orang, dan satu lepas dan goyang, yang lain pun lepas juga. Kurang lebih seperti itu filosofinya. Bukan pemeliharaan. Tapi satu lepas dan lepas yang lain dan itu kita ada batasan beban," sambung Purnomo.

Meski demikian, dengan penambahan pasokan listrik dari PLTU di Jeneponto diharap kondisi sementara waktu perlahan-lahan pulih.

"Kami meminta maaf karena kejadian yang tidak nyaman ini dan tim kami berupaya sekeras mungkin agar segera pulih," tutupnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook