alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penetapan DPT HP II Tingkat Nasional Ditunda Hingga 30 Hari

Luqman Zainuddin
Penetapan DPT HP II Tingkat Nasional Ditunda Hingga 30 Hari
Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan II Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 masih bermasalah. Penetapan secara nasional di Jakarta masih ditunda maksimal 30 hari. Foto: Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP) II Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 masih bermasalah. Penetapan secara nasional di Jakarta masih ditunda maksimal 30 hari.

Komisioner KPU Sulsel Divisi Data dan Informasi, Uslimin menjelaskan bahwa ada beberapa KPU yang belum melakukan penetapan di tingkat Provinsi. Sehingga, peserta rapat pleno, Kamis (15/11) malam itu, bersepakat untuk menunda penetapan.

"Masih ada 6 Provinsi belum selesai, maka tidak mungkin ditetapkan secara nasional. Persetujuan peserta pleno, itu harus butuh waktu. Ini juga semakin menjamin bahwa masyarakat yang berhak (memilih) bisa masuk sebanyak-banyaknya," ungkap Uslimin saat dikonfirmasi lewat sambungan selulernya, kemarin.

Usulan penundaan itu, kata Uslimin berasal dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu. Sebab, masih banyak yang belum melakukan perekaman KTP-el. Itulah yang diharap bisa ditunggu sebelum penetapan.

Sebenarnya, sambung Uslimin, dalam rapat pleno terbuka itu, baik parpol maupun tim kampanye nasional masing-masing calon presiden dan wakil presiden meminta untuk menunda penetapan DPT hingga akhir Desember, saat batas akhir perekaman. Namun, permintaan itu tidak bisa dikabulkan.

"KPU tidak bisa meloloskan permintaan itu. Karena KPU juga terdesak dengan kepentingan penyediaan logistik yang harus segera dibuat di awal 2019. Jadi, keputusannya, memperpanjang penyempurnaan dan DPT HP II belum diputuskan," papar Uslimin.

Dalam pleno itu, sambung dia, juga lahir keputusan bersama, bahwa pemilih AC (pemilih belum ber-KTP-el) akan diserahkan ke Catatan Sipil by name by adress untuk dilengkapi elemen datanya, kemudian dilakukan perekaman. Di Sulsel sendiri kata Uslimin, ada sebanyak 104.224.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads