alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Teco Sebut Suporter Bangkitkan Semangat PSM Makassar

Muhaimin
Teco Sebut Suporter Bangkitkan Semangat PSM Makassar
PSM MAKASSAR VS PERSIJA. Dukungan suporter PSM Makassar pada tim kebanggannya saat bertanding melawan Persija, Jumat (16/11) merupakan faktor penyelamat PSM Makassar dari kekalahan. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Dukungan suporter PSM Makassar pada tim kebanggannya saat bertanding melawan Persija, Jumat (16/11/2018) merupakan faktor penyelamat PSM Makassar dari kekalahan.

Pernyataan itu disampaikan oleh pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, seusai pertandingan yang berakhir dengan skor (2-2) tersebut.

“Kualitas dari lawan tentu dari faktor stadion yang penuh (suporter). Mereka semangat terus menyerang dari menit awal (di babak kedua),” jelasnya.

Teco, sapaan akrabnya, menambahkan, kegagalan timnya mempertahankan keunggulan (0-2) di babak kedua, juga disebabkan oleh meningkatnya mental pemain PSM Makassar.

“Faktor kebobolan ialah kualitas dari lawan. Sudah kalah 0-2, tapi mereka terus menyerang. Kondisi itu membuat kita harus bertahan dan mengandalkan serangan balik,” jelas Teco.

Sementara Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengatakan, gol cepat Persija memang membuat timnya bermain buruk di 45 menit pertama. Hal itu menimbulkan sejumlah kesalahan, seperti gol bunuh diri yang dilakukan Abdul Rahman.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu mengaku, telah mengantisipasi bola mati Persija. Namun tidak dalam situasi bola mati sebanyak tiga kali pada lima menit awal babak pertama.

“Kita antisipasi (bola mati) itu. Kita sudah latihan, karena kita paham mereka punya dua sampai tiga pemain yang kuat di udara. Tapi kita tidak siap menerima tiga free kick dalam lima menit awal,” ungkapnya.

Meski begitu, Robert mengapresiasi mental pemain anak asuhnya. Menurutnya, berkat hal tersebut, PSM mampu menyamakan kedudukan di babak kedua.

“Saya kira perubahan paling utama di babak kedua, adalah perubahan sikap pemain kami,” tegasnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads