alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Seribu Hilang dan 71 Tewas, Petugas Kerahkan Anjing Pelacak

Kurniawan Eka Mulyana
Seribu Hilang dan 71 Tewas, Petugas Kerahkan Anjing Pelacak
Petugas mengerahkan anjing pelacak untuk menemukan kirban kebakaran di California. Seribu orang dilaporkan hilang dan 71 tewas. Foto: Terray Sylvester/Reuters

CALIFORNIA - Seribu orang dilaporkan hilang dan 71 tewas dalam kebakaran besar yang melanda negara bagian California. Tim pemulihan mengerahkan anjing pelacak untuk mencari korban.

Setidaknya 71 orang telah ditemukan sejauh ini di dalam dan di sekitar dusun kaki Sierra, yang merupakan tempat tinggal bagi hampir 27.000 penduduk, sebelum kota itu sebagian besar dilanda kebakaran hebat pada malam 8 November.

Dikutip dari Aljazeera, Sabtu (17/11/2018), selain korban jiwa manusia, kerugian harta benda dari kebakaran tersebut tercatat paling parah dalam catatan.

Dengan lebih dari 12.000 rumah dan bangunan lain terbakar, banyak orang yang selamat dari api telah tinggal bersama teman dan keluarga untuk sementara waktu. Sedangkan yang lain memasang tenda atau berkemah di luar kendaraan mereka.

Lebih dari 1.100 pengungsi ditempatkan di 14 tempat penampungan darurat yang didirikan di gereja-gereja, sekolah-sekolah dan pusat-pusat komunitas di seluruh wilayah itu, kata juru bicara Palang Merah Amerika, Greta Gustafson.

Pihak berwenang mengatakan lebih dari 47.000 orang di semua tetap berada di bawah perintah evakuasi di wilayah tersebut.

Lebih dari 450 pencari, sementara menyisir hamparan hangus, puing-puing dari lingkungan yang terbakar mencari mayat - atau apa pun yang mungkin membawa DNA manusia untuk tujuan identifikasi.

Pada Jumat malam, Sheriff Butte County Kory Honea mengatakan daftar resmi terbaru orang-orang yang dilaporkan hilang mencapai 1.011.

"Ini adalah daftar yang dinamis," kata Honea kepada wartawan di sebuah konferensi pers, menjelaskan bahwa daftar itu disusun dari "data mentah" yang kemungkinan termasuk beberapa duplikasi nama karena kesalahan ejaan yang mungkin dan berbagai sumber informasi.

Dia mengatakan daftar itu mungkin termasuk beberapa orang yang menyelamatkan diri dari api dan tidak menyadari bahwa mereka telah dilaporkan hilang.

"Kami masih menerima panggilan, kami masih meninjau email," kata Honea, Jumat.

Beberapa di daftar telah dikonfirmasi mati oleh keluarga dan teman-teman di media sosial. Yang lain telah ditemukan dan aman, tetapi pihak berwenang belum sempat menandai mereka seperti yang ditemukan.

"Sementara itu, sisa-sisa delapan korban kebakaran ditemukan pada Jumat, sehingga jumlah total korban tewas menjadi 71 orang," katanya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads