alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pangeran Saudi Diduga Terlibat Kasus Khashoggi, Ini Respon Trump

Agus Nyomba
Pangeran Saudi Diduga Terlibat Kasus Khashoggi, Ini Respon Trump
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Foto: Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut penilaian CIA, menyalahkan Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman atas pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi merupakan sangat prematur.

Bahkan Trump mengatakan dia akan menerima laporan lengkap tentang kasus itu pada hari Selasa. (20/11/2018) mendatang.

Trump, dalam perjalanan ke California, mengatakan pembunuhan itu seharusnya tidak pernah terjadi. Laporan pada hari Selasa nanti akan menjelaskan siapa yang diyakini pemerintah AS membunuh Khashoggi dan apa dampak keseluruhan dari pembunuhannya, Trump mengatakan. Tidak jelas siapa yang memproduksi laporan itu.

Trump juga mengatakan, temuan CIA bahwa bin Salman bertanggung jawab atas pembunuhan itu "mungkin."

Trump membuat pernyataan beberapa jam setelah Departemen Luar Negeri AS mengatakan, pemerintah masih bekerja untuk menentukan tanggung jawab atas kematian Khashoggi, kolumnis Washington Post yang berbasis di AS.

"Laporan terbaru menunjukkan bahwa pemerintah AS telah membuat kesimpulan akhir tidak akurat," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

"Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sehubungan dengan pembunuhan Tuan Khashoggi," lanjutnya.

Nauert mengatakan Departemen Luar Negeri akan terus mencari fakta dan bekerja dengan negara lain untuk menahan mereka yang terlibat dalam pembunuhan wartawan yang bertanggung jawab sambil mempertahankan hubungan strategis penting antara Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, Trump membahas penilaian CIA melalui telepon dengan direktur agensi, Gina Haspel, dan Sekretaris Negara Mike Pompeo saat terbang ke California pada hari Sabtu.

CIA telah memberi pengarahan kepada bagian lain dari pemerintah AS, termasuk Kongres, tentang penilaiannya, berdasarkan sumber yang dikutip dari Reuters pada hari Jumat, sebuah perkembangan yang mempersulit upaya Trump untuk mempertahankan hubungan dengan sekutu utama AS.

Seorang sumber yang akrab dengan penilaian CIA mengatakan, bahwa itu sebagian besar didasarkan pada bukti tidak langsung yang berkaitan dengan peran sentral pangeran dalam menjalankan pemerintahan Saudi.

Temuan CIA adalah penilaian AS yang paling definitif hingga saat ini yang mengikat penguasa de facto Arab Saudi langsung ke pembunuhan dan bertentangan dengan pernyataan pemerintah Saudi bahwa Pangeran Muhammad tidak terlibat.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads