alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selain PPP, PKPI Ikut Gugat KPU Kabupaten Jeneponto

Luqman Zainuddin
Selain PPP, PKPI Ikut Gugat KPU Kabupaten Jeneponto
Sidang dugaan pelanggaran administratif KPU Kabupaten Jeneponto yang digelar di Bawaslu Sulsel, Makassar, Senin (05/11/2018) beberapa waktu lalu. Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dikabarkan ikut menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jeneponto ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jeneponto.

Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful mengaku saat ini pihaknya tengah memproses gugatan yang diajukan pihak PKPI. Bersamaan dengan gugatan yang dilayangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Bawaslu punya waktu 12 hari kerja untuk memeriksa dan mengadili permohonan penyelesaian sengketa baik dari partai PPP maupun PKPI," katanya via telepon seluler, Minggu (18/11/2018).



Gugatan yang dilayangkan dua partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 imbas dari putusan Bawaslu Sulsel yang menetapkan KPU Jeneponto telah melakukan pelanggaran administrasi meloloskan masing-masing satu calon anggota legislatif (caleg) PPP dan PKPI ke dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

Sebagai bentuk tindak lanjutnya, KPU Jeneponto pun mencoret Ishak selaku caleg PPP dan Umar caleg asal PKPI.

Lebih lanjut, Saiful tak ingin jauh berkomentar. Terlebih kepada pencalonan kembali kedua caleg tersebut. Sebab kata dia masih ada beberapa proses tahapan yang dimulai dari mediasi hingga proses ajudikasi (persidangan).

"Saya tidak bisa mengomentari dulu, karena saat ini Bawaslu sementara menyidangkan gugatan dari kedua partai tersebut (PPP dan PKPI) yang merasakan dirugikan karena dicoret dari DCT," ucapnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook