alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Erwin Kallo Tantang Pemkot Buktikan Kepemilikan Lahan Pasar Sentral

Vivi Riski Indriani
Erwin Kallo Tantang Pemkot Buktikan Kepemilikan Lahan Pasar Sentral
Pedagang mendirikan lapak di luar gedung New Makassar Mal. Mereka enggan mengosongkan lapaknya di lahan sebelah barat New Makassar Mal. Foto : Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Kuasa Hukum Aliansi Pedagang Makassar Mall (ALPMM), Erwin Kallo menantang Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membuktikan kepemilikan lahan pasar sentral hingga ke pengadilan.

Menurut dia, lahan tersebut milik para pedagang yang belakangan ini dijadikan lokasi aktivitas jual beli. Dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat.

"Perdebatannya nanti ini tanah siapa? Pemkot bilang tanahnya, saya bilang bukan. Mari kita buktikan di pengadilan," sebutnya, Minggu (18/11/2018).



Untuk membuktikan status kepemilikan lahan tersebut, kata dia, sangatlah sederhana. Cukup melihat nama di balik sertifikat lahan.

"Lihat sertifikatnya namanya siapa? Nah itu ruko kan namanya pemilik ruko. Harusnya yang gusur itu pemilik ruko yang minta bantuan aparat, bukan pemkot karena bukan tanahmu," cetusnya.

Dengan demikian, Erwin Kallo memperingatkan kepada Pemkot Makassar untuk tidak coba-coba menertibkan lapak pedagang di wilayah barat New Makassar Mall (Bangunan baru Pasar Sentral).

Jika itu terjadi dia dengan tegas akan menuntut pemerintah. Lantaran menurutnya, lahan tersebut bukan milik pemerintah kota. Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya pun diketahui telah dua kali melayangkan surat penyampaian agar seluruh pedagang yang membangun lapak di sebelah Barat New Makassar Mall agar segera pindah.

"Itu salah, kita tuntut lah. Surat perintah penertibannya kita tuntut karena itu bukan tanahmu (pemkot). Bisakah kau tertibkan kalau bukan tanahmu?," tegas Erwin Kallo.

(Baca juga : Dinas Pertanahan Pastikan Lahan Pasar Sentral Milik Pemkot)



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads