2 Maskapai yang Beroperasi di Bandara Bua Diharap Dongkrak Perekonomian

Jum'at, 18 September 2020 - 22:41 WIB
loading...
2 Maskapai yang Beroperasi di Bandara Bua Diharap Dongkrak Perekonomian
Bupati Luwu, Basmin Mattayng, mendampingi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, foto bersama kru pesawat Citilink sesaat sebelum mereka terbang bersama menuju Kota Makassar. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
MAKASSAR - Bupati Luwu , Basmin Mattayang bersama Gubernur Sulsel , HM Nurdin Abdullah ikut bersama dalam penerbangan perdana maskapai pesawat terbang Citilink via Bandara I Lagaligo Bua ke Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (18/9/2020).

Citilink akan melakukan empat kali penerbangan selama satu minggu ke Bandara I Lagaligo Bua . Sementara sementara maskapai penerbangan lain, yakni Wings Air untuk sementara melakukan penerbangan sebanyak tiga kali dalam seminggu.



Kepala Bandar Udara I Lagaligo Bua, Firman kepada SINDOnews menyampaikan, Citilink akan melakukan penerbangan pada hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu. Empat jadwal penerbangan ini seluruhnya terbang dari Makassar sekira pukul 14.00 Wita dan tiba di Bandara Bua sekira pukul 14.30 Wita.

"Sementara masih kosong hari Sabtu Minggu, penerbangan Citilink empat hari dan Wings Air selama tiga hari. Namun mereka ada penerbangan yang bersamaan harinya. Kita berharap, Wings Air, bisa kembali terbang setiap hari, sehingga penerbangan Bua-Makassar dan sebaliknya bisa makin ramai, harga tiket tentu makin bersaing karena tidak ada istilah pemain tunggal," katanya.

Diungkapkan Firman, pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Luwu serta Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan pengembangan Bandara Bua.

"Perpanjangan runway tahap pertama tahun ini menjadi 2.250 mungkin tahap berikutnya menjadi 2.500. Itu persiapannya untuk Boeing 737 seri 900 jadi secara bertahap dengan kapasitas penumpang 160 orang," ungkapnya.

Tahun 2020, penambahan runway Bandara Bua 100 meter, sehingga saat ini sudah 1.980 meter dengan lebar 30 meter. Tahun depan kembali akan dilakukan penambahan.

"Selain perpanjangan runway juga akan dilakukan peningkatan kekuatan landasan, itu harus dilapisi lagi dan pelebaran menjadi 45 meter atau ditambah 15 meter untuk pengembangan persiapan Boeing 737. Kita berharap semuanya selesai tahun depan atau tahun 2022," sebutnya.

Bertambahnya maskapai penerbangan di Bandara Bua disambut gembira Bupati Luwu, Basmin Mattayang. Dirinya berharap, dengan masuknya Citilink di Kabupaten Luwu, memperpendek rentan kendali urusan masyarakat, pelaku ekonomi termasuk pemerintah sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2985 seconds (0.1#10.140)