alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Gowa Wacanakan untuk Tertibkan APK Caleg

Herni Amir
Bawaslu Gowa Wacanakan untuk Tertibkan APK Caleg
APK CALEG. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gowa segera menertibkan APK calon anggota legeslatif (caleg) yang melanggar aturan, termasuk memasang APK di pohon. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Gowa segera menertibkan alat peraga kampanye (APK) calon anggota legeslatif (caleg) yang melanggar aturan, termasuk memasang APK di pohon.

"Tentunya ini suatu pelanggaran, tidak dibenarkan jika ada caleg yang memasang alat peraga Kampanye (APK) di pohon, pasti berdampak pada keindahan Estetika dan Tata Ruang kota," ucap Juwanto, Kepala Devisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Gowa, Senin (19/11/2018).

Juwanto juga menjelaskan terkait adanya pelanggaran seperti ini, jauh hari sebelumnya pihaknya telah melaksanakan sosialisasi terhadap para calon dan partai politik peserta agar mematuhi segala aturan dan kententuan dalam tahapan hingga pelaksanaan pemilu 2019. Namun masih ada saja pelanggaran yang terjadi.



"Hari ini rencananya kami akan menyurati Komisi pemilihan Umum (KPU) Gowa dan Pemkab dalam hal ini Satpol PP untuk segera mengambil langkah terkait adanya indikasi pelanggaran yang di lakukan oleh oknum Caleg. Jadi KPU Gowa yang naantiya akan berkoordinasi dengan pihak Pemkab dalam hal ini tim penegak perda," tambahnya.

Ia juga mengatakan akan segera menyurati seluruh Partai Politik (Parpol) dan Caleg untuk segera menurunkan seluruh alat peraga yang dipasangnya di tempat-tempat melanggar aturan.

"Selain pohon, tiang listrik, rumah ibadah, dan fasilitas umum tidak diperbolehkan memasang alat peraga para caleg," tegas Juwanto.

Sementara itu Kasatpol PP Gowa, Alumuddin Tiro yang dikonformasi mengatakan akan menertibkan alat peraga kampaye para Caleg yang menggagu Estetika kota. Namun pihaknya terlebih akan melakukan koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Gowa.

"Sebagai tim penegak perda pasti kita akan tertibkan, namun kita koordinasi dulu dengan pihak terkait," ucap Alimuddin Tiro.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook