alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Perjuangan Datu, Melahirkan di Dalam Tenda Pengungsian

Asrianto Suardi
Begini Perjuangan Datu, Melahirkan di Dalam Tenda Pengungsian
Seorang ibu pengungsi gempa di Mamasa, Sulbar, melahirkan di dalam tenda pengungsian yang berada di halaman pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Mamasa, Senin, (19/11/2018). Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMASA - Tangis bayi yang baru dilahirkan terdengar diantara hiruk pikuk aktivitas pengungsi gempa di halaman pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Mamasa, Senin, (19/11/2018).

Bayi yang diberi nama Vovianti ini lahir di dalam tenda pengusian. Ibunya, Datu Ewanan berhasil mengeluarkan bayi mungil ini secara normal meski harus berjuang melawan rasa sakit, panasnya tenda pengungsian serta fasilitas seadanya.

Walau berhasil melahirkan normal, namun Datu sempat melalui beberapa tahap proses persalinan yang panjang dan memilukan sebagaimana yang direkam SINDOnews.

Awalnya Datu bersama dengan keluarganya, mendirikan tenda pengungsian di sekitar rumahnya di Ne'ke, sebab takut terjadi gempa susulan yang dapat mengancam keselamatannya.

Hanya saja lantaran perutnya mulai mules, ia dan keluarganya berangkat ke Puskesmas Mamasa.
Namun ayal, sesaat tiba di puskesmas gempa berkekuatan magnitudo 4.7 SR kembali mengguncang wilayah Kabupaten Mamasa.

Khawatir terjadi susuatu yang tak dia inginkan, Datu dan keluarganya pun memutuskan untuk mengamankan diri dan mencari tempat sementara yang dianggap aman.

"Kami pustuskan untuk mengamankan diri dulu, akhirnya kami ke rumah keluarga yang ada di Desa Bombonglambe," ungkap Datu.

Darmawati salah satu bidan puskesmas Mamasa yang menangani proses persalinan Datu menjelaskan, proses persalinan Datu Bulawan berjalan dengan normal sesuai proses persalinan pada umumnya.

"Adakan namanya fartograf, jadi berdasarkan itu, saya lihat sesuai ji, tidak ada kata kisnya tidak bagus, tidak ada kata keterlambatan, intinya normal," pungkasnya.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads