alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

MbS Diduga Terlibat Kasus Khashoggi, Menlu Saudi: Itu Tak Berdasar

Agus Nyomba
MbS Diduga Terlibat Kasus Khashoggi, Menlu Saudi: Itu Tak Berdasar
Pengeran Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MbS). Foto: Istimewa

CAIRO - Kerajaan Arab Saudi menilai, klaim CIA terkait kasus Jamal Khashoggi yang melibatkan Putra Mahkota Mohammad bin Salman (MbS), adalah sebuah kesalahan dan tidak berdasar pada fakta.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir sebuah wawancara surat kabar berbahasa Arab. Beberapa berita terakhir melaporkan penemuan CIA akhir pekan ini dalam kasus yang telah memicu kecaman internasional terhadap pengekspor minyak utama dunia.

Ini adalah penilaian Amerika Serikat (AS) yang paling definitif hingga saat ini yang mengikat penguasa de facto Arab Saudi secara langsung ke pembunuhan dan bertentangan dengan pernyataan pemerintah Saudi bahwa dia tidak terlibat.



"Kami di kerajaan tahu bahwa tuduhan tentang putra mahkota tidak memiliki dasar dalam kebenaran dan kami dengan tegas menolaknya, baik melalui kebocoran atau tidak," kata Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir seperti dikutip di surat kabar Al Sharq Al Awsat milik Saudi dalam komentar resmi Saudi pertama pada laporan CIA.

"Mereka adalah kebocoran yang belum diumumkan secara resmi, dan saya perhatikan bahwa mereka didasarkan pada penilaian, bukan bukti konklusif," tambahnya.

Seorang sumber yang akrab dengan penilaian CIA mengatakan, bahwa itu sebagian besar didasarkan pada bukti tidak langsung yang berkaitan dengan peran sentral pangeran dalam menjalankan pemerintahan Saudi.

Jubeir juga ditanya tentang komentar oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan bahwa perintah pembunuhan berasal dari tingkat tertinggi kepemimpinan Saudi, tetapi mungkin bukan Raja Salman, yang telah menempatkan sorotan pada putra mahkota berusia 33 tahun itu.

"Kami telah meminta pihak berwenang Turki pada tingkat tertinggi tentang makna komentar-komentar ini, dan mereka menegaskan kepada kami secara pasti bahwa putra mahkota tidak dimaksudkan oleh komentar-komentar ini," katanya.

"Kepemimpinan kerajaan Arab Saudi, diwakili oleh Penjaga Dua Masjid Suci (raja) dan putra mahkota, adalah garis merah, dan kami tidak akan mengizinkan upaya untuk mencelakakan atau melemahkan mereka," tambahnya.

Khashoggi, kontributor Washington Post dan orang dalam kerajaan yang pernah kritis terhadap putra mahkota baru-baru ini, tewas di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Pekan lalu, setelah menawarkan banyak penjelasan yang kontradiktif untuk penghilangan Khashoggi, Riyadh mengatakan dia telah dibunuh dan tubuhnya terpotong ketika "negosiasi" untuk meyakinkan dia untuk kembali ke Arab Saudi gagal.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook