Tahun Depan, Empat Simpang Jalan di Makassar Terapkan ATCS

Sabtu, 19 September 2020 - 07:17 WIB
loading...
Tahun Depan, Empat Simpang Jalan di Makassar Terapkan ATCS
Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XIX Provinsi Sulselbar menargetkan empat simpang jalan di Kota Makassar bakal menerapkan sistem Area Traffic Control System (ATCS). Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XIX Provinsi Sulselbar menargetkan empat simpang jalan di Kota Makassar bakal menerapkan sistem Area Traffic Control System (ATCS). Baca : BPTD-Dishub Tambah ATCS di 7 Titik Simpang Jalan di Makassar

Kepala BPTD XIX Wilayah Sulselbar, Supriyo Adi Pracoyo mengatakan, infrastruktur ATCS di empat simpang jalan yang dimaksud tengah dibangun. Dia menargetkan akhir tahun ini sudah selesai dan difungsionalkan awal tahun 2021.

"Ini lagi kita bangun ATCS di empat simpang jalan. Akhir tahun sudah selesai itu. Lalu awal tahun depan sudah difungsionalkan," beber Adi yang dikonfirmasi SINDOnews, kemarin.

Adapun empat titik simpang jalan Kota Makassar yang dibangun ATCS diantaranya, di simpang empat Bumi Tamalanrea Permai (BTP), simpang tiga Universitas Hasanuddin (Unhas), simpang tiga Tello dan simpang empat perbatasan Makassar-Gowa (Malengkeri).

Adi menerangkan, sistem ATCS ini untuk menggalakkan perbaikan manajemen lalu lintas. Khususnya di Kota Makassar yang ruas jalannya padat kendaraan, dan berpotensi menjadi titik kemacetan.

ATCS merupakan sistem manajemen rekayasa lalu lintas terintegrasi. Pengaturan lalu lintas melalui traffic light berdasarkan kepadatan kendaraan. Dilengkapi sensor yang diintegrasikan dengan CCTV, yang pengaturannya secara penuh dikendalikan melalui ruang kontrol khusus.

"Jadi ini untuk mengurangi kemacetan dengan meningkatkan kelancaran, ketertiban dan keamanan lalu lintas. Sekaligus sebagai wahana edukasi masyarakat pengguna jalan akan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas di jalan," papar dia. Baca Juga : Dishub Makassar Siapkan Dana Rp2,7 Miliar Bangun Traffic Light Berbasis ATCS

ATCS ini dibangun secara bertahap. BPTD merencanakan penambahan pada empat simpang lagi tahun depan. Titiknya masih dikaji, namun ditargetkan pada simpang jalan yang dinilai titik potensi krodit. "Ya bertahap sesuai anggaran yang ada nanti. Tapi diharapkan juga dipenuhi dari APBD Pemkot Makasar ," tandas Adi.

Pada tahun 2019 lalu, sistem operasi ATCS telah diresmikan pengoperasiannya di empat simpang jalan Kota Makassar. Diantaranya, Jalan Veteran-Landak, Jalan Bawakaraeng-Gunung Latimojong, Jalan Veteran-Kerung-kerung, dan Jalan Veteran-Bawakaraeng.

Terpisah, Kepala Dishub Kota Makassar, Mario Said menambahkan, selain empat simpang jalan yang bakal dipasang ATCS dari BPTD, ada tiga simpang lainnya yang merupakan tambahan dari Pemkot Makassar .

"Kalau khusus Dishub Kota Makassar direncanakan di simpang jalan Cendrawasih-Kakak Tua, Jalan Monginsidi-Bulukunyit dan Jalan Toddupuli-Pengayoman," tambah Mario. Baca Lagi : Proyek Metro Tanjung Bunga Ditarget Selesai Tiga Bulan
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)