alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Operasi 3 Hari, Puluhan Pak Ogah Berhasil Ditertibkan

Vivi Riski Indriani
Operasi 3 Hari, Puluhan Pak Ogah Berhasil Ditertibkan
Beberpa pak ogah tengah menahan kendaran yang akan memuntar di U turn jalan Sultan Alauddin Makassar. Foto: Muchtamir Zaide/SINDOnews

MAKASSAR - Sedikitnya ada sekitar 40 orang pengatur lalu lintas ilegal atau pak ogah, berhasil ditertibkan tim gabungan yang terdiri dari Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar.

Mereka yang terjaring merupakan hasil operasi selama tiga hari. Penertiban ini menyusul kekecewaan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto yang menilai Dinas Sosial belum mampu mengatasi keberadaan pak ogah yang kerap meresahkan pengguna jalan.

"Sampai hari ketiga penertiban, empat tim sektoral telah mengamankan sekitar 40 orang pak ogah," kata Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir Selasa, (20/11/2018).



Utta sapaannya mengatakan setiap instansi memiliki tugasnya masing-masing. Aparat kepolisian misalnya, mereka akan mengamankan pak ogah yang kedapatan membawa senjata tajam untuk ditindaklanjuti ke ranah hukum.

"Kalau anak di bawah umur itu kita (Dinsos) yang ambil alih untuk dibina. Jadi, kami bekerja secara sektoral," sebutnya.

Menurutnya, keberadaan pak ogah merupakan persoalan bersama. Apalagi, belum ada aturan yang menjelaskan secara gamblang siapa yang bertanggung jawab mengatasi persoalan pak ogah.

Tidak ingin saling lempar tanggung jawab, pihaknya bersama beberapa SKPD terkait telah membicarakam perihal persoalan pak ogah di Makassar. Salah satunya, menggodok regulasi berupa peraturan daerah melalui Satpol PP.

"Pintu masuknya di Satpol PP untuk keamana dan ketertiban masyarakat," ucapnya.

Terpisah, Humas Dinas Perhubungan Kota Makassar, Aziz Sila mengatakan penertiban dilakukan diseluruh u-turn yang ada di Makassar.

"Kemarin itu ada tiga jalan, yakni Jalan Alauddin dan Jalan Hertasning sebanyak 5 orang diamankan, Jalan Veteran sebanyak 3 orang," tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook