Pemerintah dan DPRD Minta PT Malea Perbaiki Ruas Jalan Makale-Sapan Deata

Minggu, 20 September 2020 - 12:27 WIB
loading...
Pemerintah dan DPRD Minta PT Malea Perbaiki Ruas Jalan Makale-Sapan Deata
Kondisi ruas jalan Makale-Sapan Deata terdapat retakan akibat sering dilalui kendaraan bertonase berat. Foto: SINDOnews/Joni Lembang
A A A
TANA TORAJA - Pemerintah dan DPRD Kabupaten Tana Toraja meminta PT Malea sebagai perusahaan pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea di Kecamatan Makale Selatan, memperbaiki ruas jalan Makale-Sapan Deata.

Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja, Welem Sambolangi menyatakan, kondisi ruas jalan Makale-Sapan Deata saat ini sudah rusak . Sepanjang ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Makale dengan Makale Selatan itu banyak terdapat lubang dan retak di badan jalan.



Salah satu penyebab rusaknya ruas jalan itu menurut Welem karena hampir setiap hari kendaraan bertonase berat yang mengangkut kebutuhan material ke lokasi PLTA Malea melintas di ruas jalan itu. Sementara ruas jalan Makale-Sapan Deata merupakan akses utama perekonomian dan aktivitas sehari-hari masyarakat setempat.

"Ruas jalan rusak karena sering dilalui kendaraan bertonase berat sehingga muncul keretakan dan lubang di badan jalan," kata Welem, Minggu (20/9/2020).

Welem menyatakan pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sudah mengadakan rapat guna mengusulkan ke bupati agar mengeluarkan surat yang meminta PT Malea segera membantu memperbaiki kerusakan jalan sepanjang poros Makale-Sapan Deata. Apalagi, selama ini PT Malea memanfaatkan ruas jalan Makale-Sapan Deata untuk kebutuhan material PLTA Malea menggunakan truk-truk besar.



"Perusahaan jangan hanya mengambil keuntungan dari daerah ini saja. Tetapi juga harus membantu pemerintah dan masyarakat Tana Toraja. DPRD meminta PT Malea segera memperbaiki kerusakan ruas jalan Makale-Sapan Deata guna mendukung kelancaran aktivitas masyarakat," tegas Welem.

Kepala Dinas PUPR Tana Toraja, Juli Kaboel membenarkan, berdasarkan hasil kesepakatan rapat antara Ketua DPRD Tana Toraja dan PUPR meminta PT Malea segera memperbaiki kerusakan sepanjang poros Makale-Sapan Deata.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)