COVID-19 Infeksi 5 Warga di Kabupaten Toraja Utara

Minggu, 20 September 2020 - 13:32 WIB
loading...
COVID-19 Infeksi 5 Warga di Kabupaten Toraja Utara
Ilustrasi. Foto: Istimewa
A A A
TANA TORAJA - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Toraja Utara bertambah lima orang. Penambahan pasien COVID-19 itu diumumkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Toraja Utara.

"Ada penambahan lima pasien positif COVID-19. Berdasarkan hasil penelusuran atau tracking tim GTPP COVID-19 Toraja Utara, lima pasien itu memiliki riwayat kontak erat dengan pasien ke-23 yang meninggal dunia pada Minggu, 13 September 2020 lalu," ujar Juru Bicara GTPP COVID-19 Toraja Utara, Anugrah Y Rundupadang di Rantepao, Minggu (20/9/2020).



Lima pasien itu dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab PCR Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel di Makassar.

Kelima pasien positif COVID-19 merupakan warga Kelurahan Malango Kecamatan Rantepao. Mereka yakni, wanita berusia 62 tahun ber-KTP Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, wanita berusia 49 tahun ber-KTP Toraja Utara. Selanjutnya, wanita berusia 43 tahun ber-KTP Toraja Utara. Lalu, laki-laki berusia 25 tahun ber-KTP Toraja Utara. Terakhir, laki-laki berusia 55 tahun ber-KTP Provinsi Jawa Tengah.

Dari lima pasien itu, diketahui ada dua pasien yang pernah melakukan perjalanan dari daerah zona merah.

"Lima pasien positif COVID-19 itu tinggal serumah. Mereka sudah mengikuti wisata COVID-19 program Pemprov Sulsel di salah satu hotel di Makassar dan diberangkatkan tim Satgas, Sabtu (19/9/2020)," ujar Anugrah.

Dia menambahkan, dengan adanya pertambahan kasus warga terkena COVID-19 di Toraja Utara sudah 29 kasus (pasien). Dari 29 kasus itu, 20 orang sembuh, 7 orang menjalani karantina dan meninggal dunia dua orang.



Pemkab Toraja Utara terus mengimbau kepada masyarakat agar bersama memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan cara membatasi aktivitas ke luar rumah, memakai masker saat keluar rumah dengan cara benar dan tidak berkerumun.

Selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak (physical distancing), meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)