Kabupaten Luwu Berhasil Meraih Predikat Kategori ODF

Minggu, 20 September 2020 - 16:33 WIB
loading...
Kabupaten Luwu Berhasil Meraih Predikat Kategori ODF
Kabupaten Luwu berhasil meraih predikat kabupaten Open Defecation Free (ODF). Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Kabupaten Luwu berhasil meraih predikat kabupaten Open Defecation Free (ODF) atau kondisi dimana setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Ini disampaikan langsung tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu , Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, baru-baru ini.



Selama beberapa tahap, tim verifikasi melakukan pemantauan dan penilaian lapangan pilar 1 STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) kategori ODF dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Tim yang dipimpin oleh Kasri melakukan peninjauan dan verifikasi di sejumlah desa di beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Luwu .

"Kami telah melakukan peninjauan dan verifikasi secara random di beberapa desa pada 8 kecamatan serta wawancara langsung dengan masyarakat," ujarnya.

"Hasilnya cukup memuaskan, Kabupaten Luwu layak sebagai Kabupaten Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) atau Kabupaten ODF," lanjutnya.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara yang disaksikan langsung oleh Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKS), Hayarna Hakim dan Ketua APDESI, Andi Muhammad Arfan Basmin serta jajaran Dinas Kesehatan Kab Luwu.

Tim verifikasi merekomendasikan agar demi keberlanjutan pelaksanaan STBM maka diharapkan Pemerintah Kabupaten Luwu terus melakukan inovasi dalam meningkatkan strategi untuk mempertahankan ODF.

"Selain itu, Dinas Kesehatan diharapkan melanjutkan pemicuan 5 pilar STBM, mengupdate peta sanitasi. Melaksanakan advokasi terhadap pemerintah desa dan kecamatan dalam pembuatan regulasi untuk mempertahankan status ODF serta peningkatan kualitas sarana sanitasi," ujar Kasri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)