Bupati Maros: Sangat Terlambat Bila Ingin Tunda Pilkada Saat Ini

Senin, 21 September 2020 - 14:50 WIB
loading...
Bupati Maros: Sangat Terlambat Bila Ingin Tunda Pilkada Saat Ini
Bupati Kabupaten Maros, Hatta Rahman menilai penundaan pilkada 2020 tidak tepat jika dilakukan saat ini. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Tingginya kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 membuat usulan penundaan penyelenggaraan pilkada 2020 mengemuka. Usulan itu datang dari pemerhati hingga organisasi tertentu.

Di sisi lain, ada pula yang beranggapan bahwa penundaan pilkada 2020 tidak tepat dilakukan saat ini. Pandangan itu salah satunya datang dari Bupati Kabupaten Maros , HM Hatta Rahman.



Hatta Rahman beranggapan, pilkada 2020 harus tetap dilanjutkan. Apalagi sejauh ini tahapan pilkada sudah berjalan, yang tak lama lagi masuk tahap penetapan pasangan calon dan pencambutan nomor urut. Alasan lain kata Hatta, anggaran pelaksanaan pilkada telah dicairkan 100%.

"Apa lagi yang harus dipikirkan dana hibah kabupaten untuk KPU dan Panwas sudah dicairkan 100%. Sudah sangat terlambat bila ingin menunda pelaksanaan pilkada di saat seperti ini," jelasnya kepada wartawan usai rapat paripurna di DPRD Maros, Senin (21/9/2020).



Menurut Bupati Maros, seharusnya sejak awal, pilkada ditunda dan dipindahkan ke tahun 2021, bukan malah Desember 2020.

"Sebelumnya kami sarankan itu tahun 2021, namun Menteri Dalam Negeri maunya tahun ini. Tapi sekarang sudah tidak bisa ditunda lagi, karena kami sudah bayarkan semua dana pilkada," sambung Hatta Rahaman.



Jika pilkada ditunda kata Bupati, maka dana pilkada juga harus dikembalikan. "Bisa saja ditunda tapi dana harus dikembalikan dulu, baru nanti dicairkan lagi. Atau bisa juga tidak dikembalikan, tapi pertanggungjawabannya bagaimana. Yah, jadi sebaiknya dijalankan sajalah, karena tahapan sudah jalan," jelasnya.

Dia menyarankan, pelaksanaan pilkada nanti tetap harus mengacu pada protokol kesehatan .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1958 seconds (0.1#10.140)