TOPIK TERPOPULER

Seorang Warga Kabupaten Toraja Utara Positif COVID-19

Joni Lembang
Seorang Warga Kabupaten Toraja Utara Positif COVID-19
Ilustrasi. Foto: SINDOnews

TORAJA UTARA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan penambahan satu warga di Toraja Utara yang positif virus corona atau COVID-19.

"Ada penambahan satu kasus baru warga di Kabupaten Toraja Utara positif COVID-19," ujar Juru Bicara GTPP COVID-19 Toraja Utara, Anugrah Y Rundupadang di Rantepao, Senin (21/9/2020).



Baca juga: COVID-19 Kembali Infeksi 26 Warga di Kabupaten Luwu Timur

Anugrah mengatakan, warga yang positif COVID-19 itu tercatat sebagai pasien nomor 30, berjenis kelamin perempuan, umur 22 tahun, alamat Desa Bua Tallulolo.

Pasien tersebut positif terpapar COVID-19 berdasarkan hasil swab test polymerase chain reaction (PCR) Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel di Makassar.

Dari hasil penelusuran GTPP COVID-19 Toraja Utara, pasien nomor 30 mengaku tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah. Setelah dinyatakan positif, yang bersangkutan langsung menjalani karantina selama 14 hari.

"Data GTPP, kasus bertambahnya warga terkena COVID-19 di Toraja Utara sudah 30 kasus. Dari 30 kasus itu sudah sembuh 21 orang, menjalani karantina 7 orang dan meninggal dunia 2 orang," ujarnya.



Baca juga: Gubernur Optimistis Ekonomi Sulsel Tumbuh Positif di Triwulan ke-III

Atas penambahan kasus ini, pemkab Toraja Utara mengimbau kepada masyarakat agar bersama memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan. Caranya dengan membatasi aktivitas ke luar rumah. Jika terpaksa keluar rumah, diimbau mengenakan masker standar dengan cara yang benar, serta tidak berkerumun.

"Selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak fisik (physical distancing), meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi," ujarnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!