alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Calon Komisoner Petahana KPU Jeneponto Panen Tanggapan Negatif

Luqman Zainuddin
Calon Komisoner Petahana KPU Jeneponto Panen Tanggapan Negatif
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Tim seleksi (Timsel) KPU Kabupaten Jeneponto, telah menerima puluhan tanggapan masyarakat terhadap 25 calon komisioner KPU. Puluhan tanggapan itu didominasi tanggapan untuk 5 komisioner petahana yang kembali mendaftar.

Hal itu diutarakan Ketua Timsel KPU Kabupaten Jeneponto Tasrifin Taharah. Tanggapan tersebut pun, rata-rata adalah tanggapan negatif mengenai performa mereka selama menjabat sebagai komisioner selama 5 tahun ini.

"Sudah banyak sekali. Untuk komisioner, rata-rata sih tanggapan masyarakat itu mengarah ke petahana. Incumbent rata-rata tanggapannya terkait kinerjanya. Jadi, agak berbeda dengan (tanggapan) untuk calon komisioner non petahana," terang Tasrifin saat dihubungi lewat sambungan selulernya.



Tanggapan yang sudah masuk itu, lanjut Tasrifin, kemudian diklarifikasi kebenarannya, lebih dahulu sebelum proses wawancara. Proses klarifikasi itu termasuk dengan menghubungi instansi terkait. Salah satunya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Andai, Bawaslu pernah memproses pelanggaran yang dilakukan petahana.

"Tapi tidak serta merta kami secara mentah menerima laporan itu. Kami akan melakukan klarifikasi, saat proses wawancara dan minta keterangan dari lembaga hukum terkait. Misalnya, kalau ada yang melakukan kesalahan saat melakukan pekerjaannya kita bisa klarifikasi ke Bawaslu," sambung dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.

Menurut dia, tanggapan masyarakat memang menjadi pertimbangan bagi Timsel, untuk meloloskan atau tidak calon komisioner pada tahapan-tahapan selanjutnya. Hanya saja, tanggapan itu kata Tasrifin tentu harus punya kekuatan. Terutama, tanggapan negatif mengenai petahana.

"Jadi, harus ada keputusan hukum yang mengikat, yang membuat mereka (petahana) bisa gugur nanti (karena tanggapan masyarakat)," ucap Tasrifin.

Terlepas dari persoalan tanggapan masyarakat, Tasrifin menjelaskan jika Timsel kabupaten Jeneponto baru saja mengumumkan 25 besar nama calon komisioner yang lulus tes psikologi, pada hari Minggu (25/11). Ada 5 orang yang gugur dari total 30 nama yang ikut tes psikologi.

"Tes psikologi itu, komponennya kan intelektual, kecerdasan, sikap kerja, dan kepribadian. Mereka yang gugur rata-rata penilaian kemampuannya tidak bisa bekerja sama, tidak mampu bekerja di bawah tekanan, dan kepribadiannya lebih cocok bekerja di tempat lain, bukan KPU," pungkas Tasrifin.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook