Judas Harap Pandemi Tak Halangi Program dan Pelaporan Keuangan di Palopo

Senin, 21 September 2020 - 19:20 WIB
loading...
Judas Harap Pandemi Tak Halangi Program dan Pelaporan Keuangan di Palopo
Pertemuan virtual Pemkot Palopo dengan BPK terkait pemeriksaan kinerja pendahuluan atas efektivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Wali Kota Palopo, HM Judas Amir berharap pandemi COVID-19 , tidak menghalngi seluruh OPD untuk menjalankan program tepat sasaran dan melakukan pelaporan keuanganyang akuntabel.

Hal ini ia sampaikan saat mengikuti pemeriksaan kinerja pendahuluan atas efektivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ia didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Palopo , Firmanzah DP.



Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, secara virtual di SaokotaE, rumah jabatan Wali Kota. Senin, (21/9/2020).

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir menyampaikan terima kasih kepada tim pemeriksa BPK yang selalu memberikan pembelajaran tiap proses pemeriksaan.

"Saya berharap apa yang menjadi catatan Tim pemeriksa agar menjadi perhatian seluruh OPD, baik pimpinan OPD maupun bendahara dan seluruh yang terkait penggunaan keuangan negara," ujarnya.

Di tengah Pandemi COVID-19 , Wali Kota Palopo menegaskan, tidak menjadi alasan untuk tidak melengkapi bukti-bukti penggunaan keuangan daerah termasuk capaian sasaran program.

"Pandemi bukan berarti tidak kerja meski ada pembatasan dan pola kehidupan baru atau tatanan kehidupan baru yang wajib kita pedomani. Seluruh program harus berjalan sesuai target dan tepat sasaran termasuk pelaporan harus jelas dan lengkap," kuncinya.

Wahyu Priyono, selaku penanggungjawab jawab pemeriksan BPK Provinsi Sulsel menyampaikan, pemeriksaan yang dimaksud dilakukan dalam tiga bagian yakni, pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Ia menyebutkan adapun tujuan dari pemeriksaan tersebut guna menilai kualitas pengelolaan APBD dan mengidentifikasi permasalahan dalam pengelolaan APBD yang berpotensi mempengaruhi realisasi capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2802 seconds (0.1#10.140)