alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Taliban Serang Konvoi Polisi di Provinsi Fara, 20 OrangTewas

Agus Nyomba
Taliban Serang Konvoi Polisi di Provinsi Fara, 20 OrangTewas
Serangan Taliban yang menargetkan konvoi, menewaskan 20 orang Polisi. Foto: Istimewa

FARA - Sedikitnya 20 petugas polisi tewas dalam serangan Taliban di provinsi Farah, Afghanistan barat, pada Minggu, (25/11/2018).

Seorang Anggota Dewan Provinsi di Farah, Dadullah Qaneh, mengatakan empat polisi, termasuk wakil kepala polisi provinsi, terluka dalam serangan terhadap konvoi polisi pada Minggu sore dekat distrik Lash wa Juwayn.

Qaneh mengatakan, kepala distrik yang baru diangkat juga tewas.



Anggota Dewan lain, Abdul Samad Salehi, mengatakan konvoi itu sedang dalam perjalanan ke kabupaten untuk memperkenalkan kepala kepolisian kabupaten yang baru ketika diserang.

Taliban, yang dalam beberapa tahun terakhir telah mengambil hampir setengah dari Afghanistan, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Ini adalah serangan terbaru yang brutal, hampir setiap hari, terhadap pasukan keamanan Afghanistan di seluruh negeri. Pada hari Jumat, sebuah ledakan menghantam sebuah masjid di sebuah pangkalan militer di provinsi Khost timur, menewaskan sedikitnya 26 orang dan melukai puluhan lainnya.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh pengawas Amerika Serikat (AS), Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR), mengatakan bahwa sejak tahun 2015, hampir 30.000 tentara dan perwira Afghanistan telah tewas, memberikan kontribusi terhadap tingkat gesekan yang tinggi dan moral yang rendah di antara pasukan keamanan.

Pada kuartal ketiga 2018, jumlah tentara dan personel polisi yang dikerahkan di seluruh Afghanistan jatuh ke 312.328 - hampir 9.000 lebih rendah dari hanya setahun lalu dan tingkat terendah untuk periode yang sebanding sejak 2012.

Perkiraan angka untuk tahun 2015 menunjukkan 5.000 tewas pada tahun itu, dengan sisa 28.529 korban yang terjadi sejak saat itu.

Angka korban untuk pasukan Afghanistan telah dirahasiakan sejak tahun 2017 atas permintaan Kabul, tetapi misi Dukungan Tegas di Afghanistan baru-baru ini mengatakan kepada SIGAR bahwa korban musim panas ini lebih buruk dari sebelumnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook