TOPIK TERPOPULER

Rudy Ajak PLN Bersinergi Penuhi Kebutuhan Listrik Warga Pulau

Tim SINDOnews
Rudy Ajak PLN Bersinergi Penuhi Kebutuhan Listrik Warga Pulau
Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengajak PLN untuk bersinergi memenuhi kebutuhan listrik warga pulau. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, meminta sinergitas PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik warga pulau di Kota Makassar.

Rudy menjelaskan, saat ini dirinya bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar warga di pulau, untu memenuhi kebutuhan dasar tersebut, Pemprov Sulsel bakal membangun jaringan kabel listrik bawah laut untuk menyuplai aliran listrik di pulau.

Baca Juga: Pj Wali Kota Tegaskan Pelaksanaan Pilwalkot Harus Taat Protokol Kesehatan



"Maka dari itu saya tanya ASN pemkot, program-program 2021 lebih prioritaskan untuk warga pulau. Kebutuhan dasar warga pulau, seperti air, listrik, logistik, kesehatan dan pendidikan harus kita penuhi," kata Rudy saat menerima PT PLN Persero UP3 Makassar Selatan, di Balaikota, Selasa (22/9/2020).

Dalam memenuhi kebutuhan dasar tersebut, Pemkot Makassar dan Pemprov Sulsel menyiapkan beberapa program. Diantaranya membangun dermaga disetiap pulau, kapal roro yang didesain menjadi super market berjalan, ambulans laut, dan rumah sakit terapung. Tak hanya itu, Pemkot Makassar bakal membuat Pulau Kodingareng Keke sebagai Stasiun Siaga Kepulauan.

"Kita mau berbuat apa di pulau kalau listrik tidak ada. Sekarang sudah jamannya energi. Sehingga saya ingin mengajak PLN, ayo kita tingkatkan kepekaan kita. Bahwa satu orang pun warga Negara Indonesia yang belum menikmati listrik, kita belum berhasil sebagai pelayan mereka," jelasnya.

Manajer PLN Makassar Selatan, Raditya Hari Nugraha mengapresiasi inisiasi Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat pulau. Menurutnya, pihaknya akan mendukung seluruh proses operasi kelistrikan hingga masuk ke rumah-rumah warga.

Baca Juga: Pj Wali Kota Makassar Minta Pendekatan Humanis saat Operasi Yustisi

"Ini juga bagian dari konsen kami, kita akan mulai listrik 24 jam untuk Pulau Lae-lae menggunakan kabel laut. Insyallah segera terealisasi pada awal tahun depan," katanya.

Ia juga mengungkapkan, pemberian subsidi listrik gratis 450 VA dan subsidi diskon 50% 900 VA oleh pemerintah pusat berjalan lancar.

"Terkait pelanggan-pelanggan bisnis dan juga industri kita juga memberikan stimulus untuk pemulihan ekonomi ada diskon 75% sampai dengan 4 Oktober," pungkasnya.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!