alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tim Ahli Geologi dan Mitigasi Turun Teliti Gempa Mamasa

Asrianto Suardi
Tim Ahli Geologi dan Mitigasi Turun Teliti Gempa Mamasa
Tim dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi melakukan pemetaan kerusakan geologi usai rentetan gempa Mamasa. Foto : Asrianto Suardi/SINDOnews

MAMASA - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengirimkan satu tim ke Mamasa, Sulawesi Barat, untuk melakukan pemetaan kerusakan geologi usai rentetan gempa Mamasa.

Kepala tim penyelidik bumi, Badan Geologi, PVMBG, Cecep Solaeman menjelaskan, tim ini akan berada di Mamasa selama beberapa hari untuk melakukan penelitian dan analisa akibat gempa yang terus terjadi di Mamasa selama lebih dari dua pekan terakhir.

Menurut Cecep, tim ini melakukan penelitian menggunakan mikrotremor di sejumlah titik yang terdampak gempa seperti di Desa Buntu Buda, Kecamatan Mamasa.



Dari penyidikan ini, diharapkan dapat diketahui penyebarannya seperti apa, kemudian faktor apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan bangunan tersebut, apakah memang gempa yang menyebabkan sehingga rusak atau memang bangunannya kurang baik, atau dari faktor tanah.

"Secara langsung kita lakukan pemeriksaan terhadap kerusakan rumah dan retakan tanah, apakah ada hubungannya dengan aktivitas sesar atau seperti apa. Untuk menjawab itu, setelah kita lakukan penyelidikan ini," tutupnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook