Pj Wali Kota Dorong Produk UMKM Makassar Dijual di Swalayan

Rabu, 23 September 2020 - 14:22 WIB
loading...
Pj Wali Kota Dorong Produk UMKM Makassar Dijual di Swalayan
Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Foto: Humas Pemkot Makassar
A A A
MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin menyiapkan langkah-langkah untuk mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih maju.

Salah satunya, meminta Dinas Koperasi UKM Kota Makassar menyiapkan produk-produk UMKM untuk dijual ke swalayan dan hotel-hotel. Hal itu ia katakan saat menemui Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel di rujab Wali Kota Makassar, Rabu (23/9/2020).


"Kemarin saya sudah minta Dinas Koperasi untuk memilih produk-produk UMKM yang sudah siap masuk ke toko-toko. Nanti kita buatkan surat edaran untuk seluruh produk kita yang sudah unggul ke semua supermarket misalnya Alfamart atau hotel untuk disediakan tempat," kata Rudy.

Rudy menjelaskan, produk UMKM pilihan tersebut harus memenuhi standar pasar. Di antaranya kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

Pertama kualitas produk tersebut harus terjaga dengan baik saat perdana dimunculkan hingga berkelanjutan. Kedua kuantitas harus memenuhi jumlah tertentu yang layak diterima pasar. Ketiga kontinuitas yang menjaga stok produk harus tetap ada.

"Kita juga berikan pelatihan dari konsultan branding. Kenapa kita target swalayan seperti Alfamart, karena mereka memiki jaringan seluruh Indonesia. Kalau UMKM kita menghasilkan profit bagi mereka, pasti Alfamart daerah lain melirik produk UMKM kita," jelasnya.

Sementara Kepala BPPD Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani mengatakan, pihaknya menyetujui keinginan Rudy untuk memulai pengembangan pariwisata Kota Makassar dari produk-produk UMKM.


"Karena memang potensi itu seperti UMKM kuliner dan kreatif masih perlu butuh dukungan dari berbagi pihak supaya UMKM kita juga bisa tembus nasional dan targetnya mancanegara," katanya.

Ia menambahkan, jika produk UMKM Kota Makassar tembus di kanca internasional, branding Kota Makasaar di mata dunia otomatis menjadi baik. "Hal itu merupakan promosi secara gratis dan bisa mengundang orang-orang dari luar bisa berkunjung ke Kota Makassar," pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6073 seconds (0.1#10.140)