100 TKBM Dilibatkan Kegiatan Padat Karya di Pelabuhan Makassar

Rabu, 23 September 2020 - 16:01 WIB
loading...
100 TKBM Dilibatkan Kegiatan Padat Karya di Pelabuhan Makassar
Salah seorang TKBM yang ikut dalam kegiatan padat karya di pelabuhan Makassar. Foto: Dokumen Pelindo IV
A A A
MAKASSAR - Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan , R Agus H Purnomo menegaskan, pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus agar melibatkan pekerja yang terdampak COVID-19 atau padat karya .

Hal itu disampaikan Agus dalam sambutannya pada kegiatan padat karya di lingkungan pelabuhan Makassar yang dilaksanakan oleh Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, PT Pelindo IV Cabang Makassar , Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar dan Distrik Navigasi Kelas I Makassar, dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional, Rabu (23/9/2020).



Dirjen Hubla mengatakan, apa yang dia tegaskan merupakan pesan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, agar selalu melibatkan padat karya yang terdampak corona dalam berbagai kegiatan di pelabuhan yang tidak membutuhkan keahlian khusus.

“Agar ada perputaran ekonomi. Bahkan Menhub meminta supaya kegiatan padat karya seperti ini diadakan secara kontinyu, yang penting ada manfaatnya dan selalu memerhatikan protokol kesehatan , gunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” ujarnya.

Agus juga meminta agar seluruh insan maritim untuk selalu solid, agar bisa terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan senantiasa menjaga kebersihan di area pelabuhan.

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis (TPB) PT Pelindo IV, I M Herdianta berucap bahwa selama masa pandemi COVID-19 pihaknya sudah beberapa kali melakukan kegiatan padat karya di beberapa pelabuhan kelolaan.

“Minggu lalu atau Jumat (18 September 2020), Perseroan juga mengadakan giat padat karya dengan melakukan bersih-bersih pelabuhan di Cabang Ambon, masih dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional,” kata dia.

Secara bertahap, pihaknya akan terus melakukan giat padat karya di beberapa pelabuhan kelolaan lain di kawasan timur Indonesia (KTI).

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru menuturkan, dalam kegiatan padat karya kali ini pihaknya melibatkan sekitar 100 orang tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Pelabuhan Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)