alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PM Inggris Minta Penyelidikan Kasus Khashoggi Transparan

Agus Nyomba
PM Inggris Minta Penyelidikan Kasus Khashoggi Transparan
Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May. Foto: Istimewa

BUENOS AIRES - Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May, akan penjelasan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Mbs) pada KTT G20 di Argentina, terkait dengan pembunuhan Jamal Khashoggi dan situasi di Yaman.

Pembunuhan kolumnis Washington Post, seorang pengkritik putra mahkota, telah menekan hubungan Arab Saudi dengan Barat dan merusak citra MbS di luar negeri. Arab Saudi mengatakan, dia tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu.

"Saya ingin berbicara dengan putra mahkota Arab Saudi. Pesan yang saya berikan akan sangat jelas, tentang masalah Jamal Khashoggi ini tetapi juga tentang masalah Yaman," kata Perdana Menteri Inggris Theresa May seperti yang dikutip di Al Jazeera, Jumat, (30/11/2018).



"Kami ingin melihat penyelidikan penuh dan transparan terkait dengan apa yang terjadi dan jelas mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban," katanya tentang pembunuhan Khashoggi.

Selain itu, ia juga menjelaskan negara-negara Barat menyerukan untuk mengakhiri kampanye militer yang dipimpin Saudi di negara tetangga Yaman, yang diluncurkan oleh Pangeran Muhammad, karena krisis kemanusiaan di sana memburuk.

"Mengenai masalah Yaman, kami terus sangat prihatin dengan situasi kemanusiaan," kata May.

"Solusi jangka panjang untuk Yaman adalah situasi politik dan kami akan mendorong semua pihak untuk benar-benar mencari dan bekerja untuk itu," tukasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook