TOPIK TERPOPULER

Gojek Geliatkan UMKM Makassar Melalui Kantin Swadaya

Marhawanti Sehe
Gojek Geliatkan UMKM Makassar Melalui Kantin Swadaya
District Head Gojek Makassar, Adwin P Anas (tengah) berbincang dengan Mitra Gojek dan Mitra Usaha GoFood saat kunjungan ke Rumah Makan 999 yang merupakan salah satu Kantin Swadaya di Makassar. Sindonews/Marhawanti Sehe

MAKASSAR - Sebagai super app terdepan di Asia Tenggara, Gojek berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan mitra drivernya secara berkesinambungan. Kali ini, Gojek bekerja sama dengan ratusan UMKM Makassar yang merupakan Mitra Usaha GoFood.

Ratusan UMKM tersebut menawarkan paket makan berkualitas dengan harga kompetitif bagi para mitra driver melalui Kantin Swadaya. Melalui program ini, mitra driver dan keluarga mendapatkan paket makanan berkualitas dengan harga terjangkau. Mitra driver hanya cukup melakukan pembayaran dengan Gopay yang ada dalam aplikasi.

Baca Juga: Gandeng Startup Lingkungan, Gojek Rilis GoGreener Carbon Offset



District Head Gojek Makassar, Adwin Pratama Anas mengatakan, mitra Gojek merupakan bagian penting dalam pertumbuhan ekosistem Gojek dan kesejahteraan mitra merupakan fokus bagi pihaknya.

Program Kantin Swadaya kata dia, dapat meringankan beban pengeluaran rutin mitra yang merupakan jawaban dari aspirasi para mitra yang menyatakan bahwa membeli makanan harian adalah salah satu pengeluaran utamanya.

"Melalui Kantin Swadaya ini, mitra driver yang biasanya harus mengeluarkan biaya cukup besar dalam satu kali pembelian, kini dapat melakukan pembayaran dengan harga terjangkau dan berkualitas," ujar Adwin.

Kantin Swadaya merupakan kolaborasi antara Gojek Makassar dan UMKM Mitra Usaha GoFood dengan menyediakan paket makanan favorit berkualitas dengan harga ekonomis bagi Mitra Gojek. Kantin Swadaya ini dapat dilihat melalui aplikasi yang dimiliki driver serta mudah dijangkau karena tersebar di wilayah Makassar.

Sampai akhir September 2020, jumlah Kantin Swadaya ini jumlahnya sudah lebih dari 100 serta akan terus bertambah seiring dengan waktu. Dengan bertambahnya jumlah Kantin Swadaya, secara langsung Gojek juga membantu mengembangkan UMKM Mitra Usaha GoFood, terutama di saat pandemi seperti saat ini. Prinsip gotong-royong inilah yang dibangun Gojek dalam ekosistemnya.

Baca Juga: Korlantas Polri-Gojek Latih Mitra Driver Jaga Keselamatan Berkendara

Di Kantin Swadaya, lanjut Adwin, mitra bisa mendapatkan paket makanan harian dengan harga khusus dari UMKM Mitra Usaha GoFood yang juga menjadi favorit masyarakat Makassar, contohnya ada Rumah Makan 999 yang berada di Pantai Losari. RM 999 ini merupakan rumah makan favorit masyarakat Makassar yang dapat memberikan paket makan spesial dengan harga Rp12.000, Rp 15.000 dan Rp 20.000.

"Dengan paket makanan terjangkau berkualitas tersebut, kami berharap dapat menekan biaya operasional mitra sehingga pendapatan yang diterima mitra bisa lebih besar," katanya.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek for East Indonesia Mulawarman mengatakan, kantin Swadaya ini merupakan inisiatif Gojek Makassar yang menjadi bagian dari program Gojek Swadaya.

"Gojek Swadaya adalah program pemberian akses manfaat tambahan khusus untuk mitra driver diantaranya terkait kebutuhan pokok sehari-hari, kebutuhan operasional, pengelolaan keuangan, proteksi, tabungan berjangka dan masih banyak lainnya," kata Mula, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan tiga pilar utama Gojek Swadaya adalah ringankan yang berisi program-program yang dapat meringankan pengeluaran dan biaya operasional sehari-hari mitra driver, pilar lindungi yakni program yang dapat memberikan proteksi diri dan finansial para mitra, dan serta pilar rencanakan berisi program perencanaan keuangan jangka panjang bagi mitra dan keluarga.

Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, Gojek Swadaya telah memberikan dampak positif bagi para mitra driver. Program tersebut mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dari mitra driver Gojek di Makassar. Terbukti hingga September 2020, sudah lebih dari ribuan mitra driver Makassar yang memanfaatkan program Gojek Swadaya.

Baca Juga: Pertama di Industri, Gojek Mudahkan Konsumen Jalani Gaya Hidup Peduli Lingkungan

Inisiatif lain yang juga telah dilakukan Gojek Makassar adalah dengan fokus pada tiga akses utama, yakni Food : voucher sembako Alfamart bagi Mitra Gojek Makassar; Operations : bantuan Komunikasi dan Internet, perawatan kendaraan dan spare parts; Life: bantuan proteksi diri dan financial mitra.

Menurut Mula, Gojek memahami bahwa mitra memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan terbaik. Gojek pun berterima kasih atas dedikasi yang diberikan para mitra dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Untuk itu, kami terus berinovasi dalam memudahkan mitra bekerja dan meningkatkan kesejahteraannya lewat program Gojek Swadaya termasuk di Makassar. Kami bersyukur di Makassar sudah banyak mitra kami yang ikut serta program Gojek Swadaya dan merasakan manfaatnya," pungkasnya.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!