TOPIK TERPOPULER

Swab Massal Sasar 9 Kecamatan, Dimulai Hari Ini di Kecamatan Tallo

Vivi Riski Indriani
Swab Massal Sasar 9 Kecamatan, Dimulai Hari Ini di Kecamatan Tallo
Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Makassar kembali melanjutkan swab massal di sembilan kecamatan lain, setelah menuntaskan tugas di enam kecamatan episentrum COVID-19 di Kota Makassar. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Makassar kembali melanjutkan swab massal di sembilan kecamatan lain, setelah menuntaskan tugas di enam kecamatan episentrum COVID-19 di Kota Makassar. Baca : Hasil Tes Swab COVID-19 Warga Rappocini Keluar Besok

Kecamatan yang kini menjadi tujuan swab massal yakni Kecamatan Tallo, Makassar, Mamajang, Mariso, Bontoala, Ujung Pandang, Ujung Tanah, Wajo dan Sangkarrang. "Swab massal ini kita mulai 24 September sampai 3 Oktober nanti," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin kepada SINDOnews, Kamis (24/09/2020).

Meski bukan wilayah episentrum, menurut Naisyah swab massal di sembilan kecamatan lain juga perlu dilakukan. Ini bertujuan untuk menekan laju penularan virus denga rutin melakukan tracking di seluruh titik.



Untuk itu, ia menyiapkan 2.881 alat tes polymerase chain reaction (PCR). Hasil swab tes selanjutnya akan di kirim ke laboratorium. Bahkan, ia juga melibatkan satu unit mobil PCR milik Pemprov Sulsel. Hasilnya bisa diketahui saat itu juga.

"Swab ini untuk deteksi dini, jadi kalau ada yang positif kita lanjutkan tracking ke keluarganya atau tetangga sekitarnya yang pernah ada kontak," tuturnya. Baca Juga : Warga dan ASN di Bone Ramai-ramai Ikut Tes Swab Massal

Rencananya, swab massal ini akan dimulai hari ini di Kecamatan Tallo tepatnya di Kantor Camat Tallo dengan menyiapkan 510 alat tes. Jumat 25 September besok, di Kecamatan Makassar tepatnya di Taman Segitiga Jalan Kerung-Kerung dengan menyiapkan 461 alat tes.

Hari Sabtu 26 September, di Kantor Camat Mamajang dengan menyiapkan 388 alat tes. Senin 28 September, di Kecamatan Mariso tepatnya di Kantor Dansat Brimob Polda Sulsel Jalan KS Tubun dan menyiapkan 373 alat swab tes.

Selasa 29 September, di Kantor Camat Bontoala dengan menyiapkan 288 alat swab. Selanjutnya, 265 alat disiapkan untuk swab tes di Kecamatan Ujung Pandang tepatnya di Kanrerong depan RS Khadijah Jalan RA Kartini, Rabu 30 September, mendatang.

Kamis 1 Oktober di Kantor Kecamatan Ujung Tanah dan Jumat 2 Oktober di Kantor Kecamatan Wajo. Swab tes yang disiapkan masing-masing 194 alat untuk Ujung Tanah dan 191 alat untuk Wajo.

Terakhir, Tim Gugus Tugas menyiapkan 211 swab tes untuk wilayah Kecamatan Sangkarrang. Swab massal ini akan dilakukan di Pulau Barrang Caddi dan Pulau Kodingareng pada Sabtu 3 Oktober, pekan depan. Baca Lagi :  Masa Belajar di Rumah Diperpanjang Lagi karena Kasus COVID-19 Masih Fluktuatif



(sri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!