TOPIK TERPOPULER

Disney Kembali Menunda Jadwal Rilis Black Widow dan West Side Story

Titi Sutinah Apridawaty
Disney Kembali Menunda Jadwal Rilis Black Widow dan West Side Story
Disney kembali menunda penayangan sejumlah filmnya, salah satunya Black Widow. Foto: Insider

JAKARTA - Pandemi COVID-19 kembali memaksa sejumlah film yang sudah sangat dinanti penayangannya untuk menunda perilisan. Kali ini Disney mengumumkan bahwa beberapa filmnya, seperti "Black Widow" dan "West Side Story" bakal dimundurkan peluncurannya.

Film "Black Widow" yang dibintangi Scarlett Johansson tadinya dijadwalkan rilis pada 6 November mendatang, namun diundur menjadi 7 Mei 2021. Film lain, yaitu “Death on the Nile" arahan sutradara Kenneth Branagh, juga harus dimundurkan penayangannya dari bulan depan ke 18 Desember 2020.

Baca juga: Tom Cruise Siap Meluncur ke Luar Angkasa Oktober 2021

Tanggal tersebut tadinya merupakan jadwal untuk perilisan film musikal remake "West Side Story" karya Steven Spielberg. Film ini akhirnya harus "mengalah" untuk diputar pada Desember 2021.

Meski demikian, Disney tetap akan merilis film lain sesuai jadwal. Di antaranya “Soul” yang bakal ditayangkan pada akhir November 2020. Bahkan film horor “The Empty Man" yang sedianya tayang Desember 2020 dimajukan menjadi 23 Oktober mendatang.

Penundaan film “Black Widow” tentu akan memberi efek pada film-film lain yang sama-sama berasal dari cerita komik. Sebut saja "Shang Chi and the Legend of the Ten Rings" yang dibintangi Simu Liu sebagai pahlawan martial art, yang diundur penayangannya dari 7 Mei menjadi 9 Juli 2021. Begitu pula dengan “Eternals" yang dibintangi Angelina Jolie, Gemma Chan, dan Kumail Nanjiani, yang bergeser perilisannya dari Februari ke 5 November 2021.

“Marvel membuat hak dan keputusan yang bertanggung jawab. Masih pandemi. Tak ada yang lebih penting daripada kesehatan dan kehidupan. Aku tak bisa mengajak orang-orang datang ke bioskop sampai aku sendiri merasa aman pergi ke tempat itu," kata Nanjiani melalui laman Twitternya.

Film “Deep Water” yang dibintangi Ben Affleck dan Ana de Armas juga dipaksa tayang mundur dari November 2020 ke Agustus tahun depan.

Baca juga: Review Film Imperfect: Ketidaksempurnaan Menjadikan Kita Manusia

Menurut Associated Press, sejauh ini Disney belum mengumumkan lagi film yang kemungkinan bakal diputar melalui layanan streaming Disney+ seperti pernah dilakukan terhadap “Mulan", “Hamilton”, dan “Artemis Fowl”. Khusus "Mulan", penayangannya di sejumlah bioskop di luar Amerika dikabarkan kurang memberi hasil menggembirakan.

Sementara itu perusahaan film lain, yakni Warner Bros, juga sudah memutuskan untuk mengundur perilisan “Wonder Woman 1984” dari Oktober 2020 ke libur Natal mendatang. Begitu juga film "Candyman" arahan Jordan Peele besutan Universal Pictures, yang dimundurkan penayangannya hingga tahun depan.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!