alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kepala Desa di Luwu Mengeluh Dana Desa Tahap III Belum Cair

Chaeruddin
Kepala Desa di Luwu Mengeluh Dana Desa Tahap III Belum Cair
Salah satu kegiatan Rakor yang dilaksanakam oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Foto : Chaeruddin/SINDOnews

LUWU - Sejumlah Kepala desa (kades) di Kabupaten Luwu mengeluh belum cairnya dana desa tahap III tahun 2018. Belum cairnya dana desa ini lantaran beberapa Kades tidak tertib administrasi dan belum menyetorkan laporan penggunaan dana desa tahap sebelumnya.

Kepala Desa Seppong, Suhaidi Alwi kepada SINDOnews mengungkapkan, khusus Desa Seppong dana desa yang tersisa dan belum cair sebesar Rp250 juta dari total dana desa tahun 2018 sebesar Rp750 juta.

Sementara di Desa Kamburi, menurut Kades, Marjono, total dana desa yang belum cair sebesar Rp246 juta dari total dana desa tahun 2018 sebesar Rp740 juta.



"Ini akibat sejumlah rekan kami kepala desa belum merampungkan laporan penggunaan dana desa tahap dua sehingga kami yang tertib administrasi juga kena dampaknya, tidak cairnya anggaran untuk tahap ketiga," ujar Suhaidi Alwi diaminkan Marjono.

Suhaidi berharap BPKD tidak menahan dana desa dana yang tertib administrasi, sehingga dapat dicairkan segera. "Harusnya BPKD memilah mana kades yang belum masukan laporan dengan yang sudah masukan laporan. Kami yang sudah masukan laporan harusnya dicairkan dana tahap ketiganya," ujarnya.

Suhaidi Alwi, mengatakan sejumlah program di desa sudah terhambat akibat keterlambatan pencairan dana desa tahap ketiga. Ini bahkan bisa berdampak hukum akibat keterlambatan kegiatan di lapangan.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook