alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jaringan Air Bersih Kotaku Jangkau Ratusan Rumah di Gowa

Herni Amir
Jaringan Air Bersih Kotaku Jangkau Ratusan Rumah di Gowa
Suriati Dg Tene salah satu warga yang menikmati jaringan air bersih Kotaku di Kelurahan Katangka Kecamatan Sombaopu. Foto : Herni Amir/SINDOnews

SUNGGUMINASA - Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Forum Kotaku menyalurkan air bersih ke ratusan rumah yang tersebar di beberapa titik di Kecamatan Sombaopu.

Koordinator Kotaku Nurlia Ruma mengatakan, titik-titik ini yang memang teridentifikasi kesulitan air bersih. Misalnya saja di Kelurahan Katangka dengan dua titik.

Selain itu, di Kelurahan Samata, Romangpolong, Mawang, Pandang-pandang, Tombolo, Batangkaluku, Bontoramba, Tamarunang dan Paccinongang.



"Pembangunan dilakukan atas pembiayaan Bantuan Dana Investasi (BDI) di sertai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan partisipasi masyarakat,"ungkapnya di sela peninjauan hasil kerja Kotaku dengan Humas Gowa dan media, Senin (3/12/2018).

Menurut Nurlia, khusus di Katangka, daerah ini merupakan daerah perbukitan. Sehingga untuk membangun sumur bor warga kesulitan. Jaringan PDAM pun agak sulit untuk dimasukkan.

Untuk menikmati air bersih baik keperluan minum, masak atau mencuci, warga harus membeli per jerigen. Untuk itu kemudian dibangun pengolahan air bersih untuk masyarakat di wilayah ini.

"Ini sudah satu bulan berjalan. Akhirnya warga bisa menikmati air bersih langsung di rumah mereka. Khusus di Katangka mampu mengcover 43 rumah,"tuturnya.

Dia menjelaskan, untuk pengolahan air dengan reservoir, warga membayar harga Rp4.000 per kubik. Sedang dari hasil penyulingan air siap minum, warga membeli dengan harga Rp4.000 untuk satu galon. Sedang bagi masyarakat prasejahtera cukup Rp3.000 per satu galon.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook